PDIP: Wajar Soeharto Dianggap Paling Berhasil, Memimpin 32 Tahun

  • Ahad, 20 Mei 2018 - 17:00:14 WIB | Di Baca : 1185 Kali

SeRiau - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menilai wajar Presiden RI ke-2 Soeharto dinilai sebagai pemimpin paling berhasil dalam survei Indo Barometer. Apalagi, nama Soeharto disejajarkan dengan semua presiden yang pernah memimpin Indonesia.

Hal itu karena masa jabatan Soeharto yang lama ketika menjabat sebagai presiden. "Pak Harto 32 tahun berkuasa sehingga dia adalah seorang presiden yang diberi waktu untuk mengidentifikasi masalah dan menyelesaikan masalah Indonesia yang besar," kata Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko di Hotel Harris, Jakarta Pusat, Minggu (20/5).

"Sementara presiden seluruh era reformasi lima tahun paling bentar 10 tahun atau tiga tahun," imbuhnya.

Budiman menambahkan, jiika harus membandingkan masa jabatan Presiden Soeharto dan presiden lainnya, jelas tidaklah sebanding, apalagi, disandingkan dengan kepemimpinan Presiden Megawati Soekarnoputri. 

"Wajar kalau ada persepsi bahwa orang Pak Harto itu cukup berhasil dikarenakan modal waktunya besar, penguasa besar dengan presentase masa waktu pascareformasi lima tahun, paling lama 10 tahuh atau tiga tahun atau hanya dua tahun," jelasnya. 

"Ya Bu Mega cuma berapa tahun, dari 2001 sampai 2004 saja. Pak SBY 10 tahun bisa. Pak Jokowi baru empat tahun. Gus Dur hampir dua tahun, Pak Habibie hampir setahun lebih, Pak Harto 32 tahun ya wajar," lanjutnya. 

Untuk itu, iia menyebut perbandingan tersebut seperti buah durian dan buah jeruk. Apalagi dengan sistem-sistem pemerintahan yang berbeda antara reformasi dan orde baru. "Dulu juga kekuasaan dari pusat sampai daerah dikontrol sekarang ada otonomi daerah jadi membandingkan itu seperti durian dan buah jeruk," pungkasnya. (**H)


Sumber: kumparanNEWS





Berita Terkait

Tulis Komentar