Dugaan Dana BOK Yang Disunat, Romi : Kita Akan Panggil Kepala Puskesmas dan Diskes

  • Rabu, 13 Desember 2017 - 15:10:47 WIB | Di Baca : 620 Kali


 

Pekanbaru, SeRiau- Jhon Romi Sinaga, Wakil DPRD kota Pekanbaru ini mengkritisi keras terkait dugaan pemotongan dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) di Puskesmas Senapelan yang belakangan mencuat dipublik.

Dimana diketahui Tim investigasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) LIRA DPD Kota Pekanbaru menemukan dugaan pemotongan nilai dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) di Puskesmas Senapelan. Diketahui, anggaran bantuan pusat sebesar Rp75.000, namun Kepala Puskesmas (Kapus) menyerahkan ke tenaga medis hanya Rp50.000.

Loading...

" Temuan LSM tersebut sudah sangat jelas adanya dugaan pemotongan BOK itu, seharusnya dana yang dikucurkan oleh pemerintah pusat ke pemerintah daerah dalan hal ini kepada Puskesmas-puskesmas digunakan untuk menunjang operasional para pegawai dan agar pelayanan puskes lebih baik bukan malah dipotong untuk acara yang bersifat seremonial," Ungkap Jhon Romi Sinaga,  Rabu (13/12/2017)

Menurut Politisi PDI perjuangan ini lagi,  langkah tersebut tidak wajar dan dinilai sangat bertentangan dengan tujuan dari Pemerintah pusat yang menginginkan agar para pegawai di tingkat Puskesmas didaerah lebih bekerja secara profesional dalam bekerja.

" Persoalan ini harus diusut tuntas, dan Walikota Pekanbaru juga harus bersikap tegas dengan memanggil kepala Puskesmas-nya langsung termasuk juga Diskes Pekanbaru terkait klarifikasi temuan tersebut,  jangan sampai berdampak kepada puskesmas yang lainnya,"

Bahkan jika perlu, Lanjut Romi, tim saber pungli, kejaksaan harus ikut turun tangan menelusuri terhadap temuan pemotongan dana BOK tersebut, dan jika terbukti tentunya pihak yang bersangkutan harus pertanggungjawab.

Disamping itu juga, Jhon Romi Sinaga dan rekan-rekan lainnya di DPRD kota Pekanbaru sepakat akan segera memanggil pihak puskesma,  tidak hanya Puskesmas Senapelan tetapi seluruh puskesmas yang ada di Pekanbaru termasuk juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru.

"Secepatnya kita akan panggil seluruh kepala puskesmas yang ada di Pekanbaru dan Diskes untuk melihat sejauh mana dana BOK ini digunakan," ujarnya.( Wanti)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar