Catalonia Deklarasi Kemerdekaan, Pasar Saham Spanyol Terpukul

  • Sabtu, 28 Oktober 2017 - 15:23:30 WIB | Di Baca : 77 Kali

 


Jakarta, SeRiau- Usai parlemen Catalonia mengumumkan kemerdekaan wilayah itu, bursa saham Spanyol mencatatkan pelemahan yang signifikan. 

Mengutip Reuters, IBEX Spanyol turun sebanyak 2,1% ke posisi terendah selama 4 hari terakhir. Kemudian saham perbankan di zona euro turun 18,8%.

Kemudian, yield obligasi Spanyol dengan tenor di atas 10 tahun meningkat 120 basis poin dalam empat hari. Tekanan di pasar sedikit mereda setelah Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy, menyebutkan peraturan hukum bisa mengembalikan legalitas di Catalonia dan mendapatkan ketenangan di pasar.

Sementara itu, dari nilai tukar Euro terhadap dolar AS bertahan di level terendah selama tiga bulan. Pukul 9.35 waktu New York, euro turun 0,5% yakni 1,1590 per dolar AS. Dan menjadikannya sebagai matabuang yang turunhya paling lama yakni 11 bulan, sesuai dari data reuters.

Parlemen Catalonia mendeklarasikan kemerdekaan dari Spanyol hal ini dianggap bentuk pembangkangan terhadap Pemerintah Madrid yang bersiap untuk menerapkan peraturan langsung atas wilayah tersebut.

Deklarasi tersebut berlaku simbolis karena tidak akan diterima oleh Spanyol atau masyarakat internasional. Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy meminta semua pihak berkepala dingin dan dia mengatakan aturan hukum atas Catalonia akan diperbaiki.

Keputusan memisahkan diri dari Spanyol itu disahkan di Parlemen Catalonia di Barcelona. Parlemen mengatakan bahwa Catalonia merupakan negara demokratis yang independen dan berdaulat.    (Sumber : Detiknews.com)



Berita Terkait

Tulis Komentar