Belasan Rumah Warga Lokomotif Direndam Banjir, Dua Anggota DPRD Turun ke Lokasi

  • Rabu, 04 November 2020 - 16:48:48 WIB | Di Baca : 6924 Kali
DPRD PEKANBARU : Foto: Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama ST dan Anggota DPRD Victor Parulian, saat berbincang dengan warga Jalan Lokomotif Kelurahan Tj Rhu, Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru, Selasa malam (3/11/2020) melihat banjir di pemukiman warga

 

 

 

SeRiau- Hujan lebat yang mengguyur Kota Pekanbaru, Selasa malam (3/11/2020) lalu, ternyata membuat banjir sejumlah pemukiman warga. Seperti yang dialami warga Jalan Lokomotif Gg Lokomotif  Kelurahan Tj Rhu, Kecamatan Lima Puluh Pekanbaru. 

Setidaknya belasan rumah warga dimasuki air akibat hujan lebat tersebut. Situasi ini sudah dialami warga sejak beberapa tahun. Air masuk ke rumah warga, air kiriman dari Jalan Kuantan yang turun ke parit Jalan Lokomotif. 

Kondisi ini langsung dilaporkan warga ke anggota DPRD Pekanbaru. Dua wakil rakyat yang tiba di lokasi Wakil Ketua DPRD Ginda Burnama dan Anggota Fraksi PDI-P DPRD Victor Parulian. 

"Jadi, debit air yang jatuh ke parit, tak mampu menampung bah air hujan. Makanya air keluar dan masuk ke rumah kami. Kalau hujan lebat, sekitar 30 cm masuk ke rumah, " kata warga RT 03/RW 04, Rosma di hadapan anggota dewan. 

Air masuk ke rumah warga ini baru bisa surut beberapa jam. Bahkan sebagian rumah warga lain, terpaksa menguras air menggunakan mesin robin. 

"Begini lah nasib kami kalau musim hujan. Tak bisa tidur. Nguras air, sampai kering," tambahnya. Kondisi ini diharapkan warga, ada solusinya. Karena tak tahan lagi seperti ini. 

Sebab, sudah berapa kali persoalan ini dilaporkan ke kelurahan dan OPD terkait, tapi belum ada action nyata. "Dengan turunnya Pak Dewan sekarang ini, setidaknya bisa memberi secercah harapan kepada kami. Karena jumlah jiwa yang ada di sini sekitar seribuan warga," sebutnya. 

Wakil Ketua DPRD Ginda Burnama yang turun langsung ke lokasi banjir mengaku, sangat miris dengan kondisi warga yang selalu menjadi langganan banjir. Padahal, jika dicarikan solusinya, parit tersebut bisa dilakukan pengerukan, yang disinyalir makin dangkal. 

"Persoalan banjir ini sudah saya lihat langsung dan saya sedih melihatnya. Tentu ini menjadi aspirasi prioritas kami di DPRD. Sehingga nanti bisa kami komunikasikan ke OPD terkait. Yang jelas, akan kita carilah solusinya, " tegasnya.

Anggota Komisi I DPRD Pekanbaru Victor Parulian, yang juga turun ke lokasi menegaskan, bahwa aspirasi warga Jalan Lokomotif Kelurahan Tj Rhu ini, menjadi PR dirinya bersama rekan-rekannya di DPRD untuk direalisasikan. 

"Persoalan seperti ini harus kami selesaikan. Paling tidak bertahap hingga nantinya bisa selesai sampai tuntas, " katanya. 

Tak sampai di sini, dua wakil rakyat ini juga melihat daerah rawan banjir di Perumahan Aura di Jalan Indrapuri Tenayan Raya. Di perumahan ini, dua anggota dewan tersebut bersama warga, berkeliling melihat titik banjir dan air mengenang hingga masuk rumah warga. 

"Kami di perumahan ini meminta, agar drainase di sini bisa diperbaiki. Termasuk membangun semenisasi jalan di pemukiman Aura ini, " kata pemuka masyarakat Perumahan Aura, Harun di hadapan anggota dewan, setelah sekitar satu jam-an berkeliling perumahan.(***)





Berita Terkait

Tulis Komentar