Kasus Pandemi Covid 19 Bertambah, Nofrizal : Masyarakat Harus Konsisten Patuhi Protokol Kesehatan !

  • Senin, 24 Agustus 2020 - 17:44:59 WIB | Di Baca : 2896 Kali
Ir Nofrizal MM Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Dari Fraksi PAN

 

SeRiau- Pandemi Covid 19 tak hanya di Kota Pekanbaru saja , tapi juga kota-kota lain di Indonesia. Meningkatnya jumlah kasus akibat pandemi ini kian hari makin bertambah. Melihat hal ini, wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ir Nofrizal MM mengimbau masyarakat untuk konsisten menerapkan protokol kesehatan dikeseharian. 

"Dimana seluruh elemen masyarakat harus bahu membahu, gotong royong, bekerja sama untuk mengantisipasi ini (covid 19). Menghilangkan tidak mungkin, hanya Allah yang bisa menghilangkan penyakit ini. Tapi kita antisipasi dengan menerapkan protokol kesehatan itu. Apa caranya,? Tentu tiap lapisan masyarakat yang memiliki posko covid di kecamatan maupun kelurahan baik RT RW harus dilaksanakan terus," jelas Nofrizal, Senin (24/08).

Lanjut politisi PAN ini, posko-posko ini dalat dilaksanakan dengan swadaya masyarakat tanpa mengharapkan bantuan dari pemerintah. Bila mengharapkan bantuan pemerintah, jika bantuan belum turun maka tidak bisa dilaksanakan peningkatan protokol kesehatan untuk antisipasi Covid 19. 

"Malahan bila pelaksanaan secara swadaya, hal ini lebih efektif karena masyarakat langsung yang berpartisipasi. Tidak hanya menunggu teguran dan sangsi dari pemerintah. Tapi terpenting bagaimana masyarakat dapat mengantisipasi ini. Terutama penggunaan masker, menjaga kontak fisik. Untuk aktivitas tidak perlulah kita hentikan. Bukan ingin melawan, tapi aktivitas itu perlu untuk menjaga keberlangsungan perekonomian. Yang terpenting perekonomian jalan, masyarakat dibimbing seperti meletakkan petugas-petugas untuk memberikan edukasi. Bukan petugas yang mencari kesalahan. Seperti saya lihat dibeberapa daerah, mereka taruh perugas-petugas dipasar, seperti dinas perhubungan dan satpol pp. Dengan adanya petugas mereka patuh, tapi tidak dengan melakukan razia. Bukan memberikan efek jera tapi menimbulkan masalah baru dengan kegelisahan masyarakat mendapatkan sangsi. Jangan itu yang dilakukan, tapi berikan edukasi kepada masyarakat," jelas Nofrizal. (***)





Berita Terkait

Tulis Komentar