DPRD Ingatkan Pemerintah Agar Matangkan Pemekaran Kecamatan

  • Selasa, 18 Agustus 2020 - 09:59:45 WIB | Di Baca : 2660 Kali
Ir Nofrizal MM Wakil Ketua DPRD Pekanbaru

 

SeRiau- Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Nofrizal mengingatkan agar pemerintah kota punya persiapan matang dalam pemekaran kecamatan. Apalagi perda tentang penataan kecamatan itu sudah tuntas pada tahun 2019 lalu.

"Maka persiapkan pejabatnya, kantor dan administrasi kependudukan di kecamatan pemekaran," ujarnya.

Nofrizal juga mengingatkan agar pemerintah kota punya kesiapan anggaran dalam pemekaran kecamatan. Ia menilai ketiadaan anggaran bakal jadi kendala dalam pemekaran yang diterapkan pada tahun 2021 nanti.

Administrasi wilayah dan data kependudukan masyarakat juga bakal terganggu. Batas wilayah pun  harus ada kepastian agar tidak ada permasalahan nantinya.

Politisi PAN ini juga menyebut bahwa pemerintah kota harus mempersiapkan blangko KTP elektornik bagi masyarakat di wilayah pemekaran. Proses persiapan blangko tersebut harus sejak awal.

"KTP dan wilayah pasti berubah, banyak perubahan. Maka perubahan data harus dipersiapkan sejak awal, agar jangan terjadi penumpukan," ulasnya.

Adanya perubahan administrasi harus dipersiapkan sejak sekarang. Ia tidak ingin nantinya ada data masyarakat yang hilang akibat pemekaran.

"Jangan sampai datanya pindah ke kecamatan lain, makanya harus disiapkan dari sekarang," jelasnya.(***)





Berita Terkait

Tulis Komentar