Pemko Dapat Dana DAK Rp 267 Miliar, Azwendi : Jangan PHP, Realisasikan Segera

  • Selasa, 22 Januari 2019 - 14:13:46 WIB | Di Baca : 1340 Kali
Tengku Azwendi Fajri SE Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru

 

SeRiau- Adanya angin  segar bahwa beberapa OPD di kota Pekanbaru akan mendapatkan dana DAK dari pusat ditanggapi kalangan DPRD Kota Pekanbaru. Disampaikan Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri SE berharap bahwa DAK ini tidak hanya PHP.  

"Ini kan masih rencana kalau kita dapat bantuan ratusan miliar, dalam bentuk DAK. jadi saya harap jangan PHP saja kepala daerah, harapan kami dinas-dinas yang dapat harus kejar dan pastikan benar atau tidak" tegasnya

Kalau bisa realisasinya di triwulan pertama ini, jangan nanti-nanti atau akan. Kita kan sering mendengar itu. Nanti DAK akan ada bantuannya tapi ternyata ga ada. Jadi kepada OPD terkait tolong giring ini sampai benar-benar dipastikan dana pusat turun, tepat waktu dan realisasinya sesuai Renja," tegas Azwendi

Lanjut Politisi Demokrat ini, bila nanti beberapa OPD di pekanbaru menerima dana DAK tetsebut dapat dimanfaatkan pelaksanaannya sesuai Juknis dan Jutlak dari di DAK tersebut. 

"Harapan kami, untuk targetnya bagaimana kegiatan-kegiatan yang telah masuk dalam rencana kerja (renja) OPD kalau bisa dilaksanakan, yang belum masuk dalam renja saya kira jangan dulu dilaksanakan. Tentu dana tersebut masuk dalam program daerah," ungkap Azwendi

Terakhir harapannya, nantinya alokasi dana ini jangan menyimpang dari RKPD, dan Renja. Pihaknya juga meminta, melihat kondisi ekonomi masyarakat saat ini sedang sulit, ia berharap kegunaan DAK tujuannya memang untuk meringankan atau mensejahterakan masyarakat. 

Diketahui beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2019. Hal ini disampaikan Plt Kepala BPKAD Kota Pekanbaru, Syoffaizal. Adapun OPD yang akan menerima DAK tahun ini diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perkim, Dinas Pertanian, Dinas PUPR, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK).

Ia menyebutkan, bantuan DAK sebesar Rp267 miliar akan diperuntukan untuk kegiatan fisik dan non fisik. Dimana rinciannya Rp89 miliar untuk kegiatan fisik dan Rp178 miliar non fisik. Kegiatan non fisik terbesar ada di Disdik Pekanbaru untuk pembayaran sertifikasi guru. Adapun anggaran DAK sebesar Rp267 Miliar akan disalurkan pada bulan ketiga atau keempat di tahun 2019. (***)





Berita Terkait

Tulis Komentar