CPNS 2018, BKN Rapatkan Barisan Bahas Mekanisme Seleksi Terintegrasi

  • Ahad, 08 Juli 2018 - 16:32:55 WIB | Di Baca : 1139 Kali

SeRiau - Pemerintah berencana kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Pada lowongan tahun ini, nantinya pemerintah akan memprioritaskan tenaga Kesehatan dan Guru.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan mengenai mekanisme seleksi CPNS 2018. Oleh karenannya, mekanisme seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dibahas dan bahkan merupakan special issue yang akan dipaparkan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2018 yang akan dihelat Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada 11 Juli mendatang di Gedung Indonesia Convention Exchibition (ICE) BSD Tangerang.

"Ini (Mekanisme) Seleksi CPNS akan dibahas dan bahkan merupakan special issue yang akan dipaparkan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2018," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima Okezone, Minggu (8/7/2018).

Salah satu alasan diangkatnya isu tersebut adalah untuk memperluas penetrasi kepahaman publik mengenai seleksi CPNS yang kini semakin profesional. Terutama untuk transparans dan obyektifitas sebagai bukti komitmen mewujudkan kinerja birokrasi yang lebih baik.

Nantinya lanjut Ridwan, BKN selaku Ketua pelaksana kegiatan penyelenggaraan rekrutmen CPNS tahun 2018 akan menggunakan sistem seleksi CPNS terintegrasi yang akan memangkas alur penyelenggaraan seleksi. Termasuk juga dalam mekanisme pendaftaran bagi calon abdi negara.

Demikian juga nantinya dalam pelaksanan seleksi hanya akan digunakan satu sistem seleksi yakni Computer Assissted Test (CAT-BKN) yang dari hari ke hari semakin memikat kepercayaan publik. Sebab obyektivitas dan transparansi yang mampu dibuktikan dalam penyelenggaraan seleksi yang difasilitasinya selama ini.

"Jika pada tahun sebelumnya, pendaftar seleksi CPNS pada sejumlah instansi masih harus membuka dua portal saat akan registrasi, kini proses pendaftaran hanya berfokus pada portal SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional)," jelasnya.

Sebagai informasi, BKN akan menggelar Rakornas Pegawai pada tanggal 11 Juli 2018 mendatang. Dalam acara Rakornas tersebut akan dihadiri oleh perwakilan dari BKN daerah di seluruh Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut selain membahas mengenai mekanisme seleksi CPNS 2018, banyak materi lain yang akan dipaparkan. Sebut saja materi mengenai "Grand Design Pengelolaan Human Capital Aparatur Sipil Negara Menuju World Class Aparatur Sipil Negara" yang akan disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur.

Ada juga materi tentang "Singapore Experiences in Managing Human Capital to be World Class Civil Service" yang akan dipaparkan oleh Lim Soo Hoon dari Public Service Division (PSD) Singapore dan materi tentang “Trend Industri Kreatif dalam Era Industri 4.0” yang akan disampaikan oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Sebagaimana telah disampaikan sebelumnya bahwa dalam Rakornas Kepegawaian 2018 tersebut nantinya juga akan diberikan BKN Award bagi para Instansi Pengelola Kepegawaian terbaik sapanjang tahun 2017.

Para pengelola kepegawaian instansi pemerintah yang akan mengikuti Rakornas ini diwajibkan melakukan registrasi pada portal rakornas.bkn.go.id dan batas registrasi online akan jatuh pada Senin, 9 Juli 2018. (**H)


Sumber: Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar