Jokowi Perintahkan Bangun Terminal 4 Bandara Soetta, Anggarannya Rp 14 Triliun

  • Kamis, 21 Juni 2018 - 17:00:46 WIB | Di Baca : 1169 Kali


SeRiau - Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Perhubungan dan Angkasa Pura II segera membangun Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta, di Tangerang, Banten.

Permintaan ini disampaikan langsung oleh Jokowi kepada Menhub Budi Karya Sumadi dan Dirut Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin saat meninjau proyek landasan pacu (Runway) ketiga di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (21/6/2018).

"Sekaligus juga saya sudah perintahkan kepada Menhub, Dirut AP II, untuk juga menyiapkan terminal yang keempat," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, pembangunan terminal 4 harus direncanakan lebih awal. Sebab, pertumbuhan penumpang meningkat 9 persen setiap tahunnya.
Saat ini, setidaknya ada 63 juta penumpang yang terbang lewat Bandara Soekarno-Hatta tiap tahunnya. Namun, pada 2025, jumlahnya diperkirakan meningkat sampai lebih dari 100 juta penumpang.

"Jadi kalau terminal ini tidak juga segera dipersiapkan, kita juga akan kedodoran lagi," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, saat ini pembangunan terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta masih dalam proses detail engineering. Adapun pembangunan akan dimulai pada 2020. Lokasinya di eks lapangan golf Soewarna.

"Memang sudah tidak ada kesempatan lagi. Begitu direncanakan, desain langsung dikerjakan. Kurang lebih 2020 akan dimulai dan tadi langsung saya perintahkan juga. Disiapkan dan dimulai," kata dia.

Jokowi mengatakan, pembangunan Terminal 4 ini diprediksi akan menelan anggaran Rp 11 triliun. Pemerintah akan menggandeng swasta untuk mewujudkan proyek ini.

"Kita berusaha di dalam setiap pembangunan selalu menggandeng privat sektor. Dari sektor swasta. Tapi ya terserah, ini  B2B (Business to Business) Angkasa Pura II dengan siapa, terserah Angkasa Pura II," kata Jokowi.

 

 

 


(sumber KOMPAS.com)





Berita Terkait

Tulis Komentar