Dapat Izin dari Kemenkes, Lab Biomolecular RSD Madani Pekanbaru Jadi Rujukan Puskesmas

  • Rabu, 07 Juli 2021 - 12:32:06 WIB | Di Baca : 9240 Kali

SeRiau - Setelah mendapatkan izin operasional dari Kementerian Kesehatan RI, Laboratorium Biomolecular di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani kini jadi rujukan swab PCR yang dilakukan di seluruh Puskesmas Kota Pekanbaru.

Hal itu diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Arnaldo, bahwa terhitung Senin (5/7) lalu, rujukan Covid-19 dari Puskesmas harus ke RSD Madani. "Semua tes swab PCR-nya, rujukan ke Madani dulu," ujarnya, Rabu (7/7/2021).

Dikatakannya, izin operasional laborarium biomolecular tersebut sudah dikeluarkan sejak Januari 2021 lalu. Ada tiga mesin yang bekerja untuk menentukan hasil tes swab PCR.

Loading...

Tiga laboratorium tersebut mampu menampung hampir 300 pemeriksaan swab PCR dalam satu hari.

"Sekali putar tiga mesin itu 96 hasil swab, dan ada tiga shift dalam satu hari, berarti bisa menampung 288 hasil swab," ungkapnya.

Diketahui sebelumnya, laboratorium biomolecular tersebut sudah dibeli Pemerintah Kota Pekanbaru akhir tahun 2020 lalu. Menjelang dapat izin operasional dari Kemenkes RI, labor tersebut hanya digunakan untuk pemeriksaan internal saja, dan belum digunakan untuk pemeriksaan swab masyarakat umum. (**H)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar