Tubuh Sehat, Syarat Utama Vaksinasi

  • Sabtu, 19 Desember 2020 - 05:36:35 WIB | Di Baca : 8958 Kali

SeRiau - Vaksinasi dilakukan pada orang dengan syarat tertentu. Tubuh yang sehat menjadi syarat utama vaksinasi.

Ketua Komnas KIPI, Profesor Hindra Irawan Satari mengatakan, saat vaksin diberikan pada tubuh yang sehat, respons kekebalan bisa optimal sesuai harapan.

"Jadi secara umum, vaksin kita berikan ke orang yang sehat. Ini berlaku juga pada orang dewasa," kata Hindra pada CNNIndonesia.com melalui telepon, Kamis (17/12).

Pada anak, orang tua musti mengenal kondisi buah hatinya. Anak yang sehat, lanjut Hindra, biasanya tidurnya lelap, aktif bermain, dan suhu badan normal.

Sementara orang dewasa dipastikan harus dalam kondisi fit, tidak mengalami kenaikan suhu badan, atau gejala sakit yang lain.

Sementara itu, pembentukan kekebalan akan tidak optimal jika vaksin diberikan pada tubuh yang kurang sehat.

Hingga saat ini, lanjut Hindra, belum ada studi atau uji klinis terkait mengenai pemberian vaksin pada orang yang sakit. Pada uji klinis kandidat vaksin pun, lanjutnya, umumnya hanya melibatkan orang sehat.

Sebagai ilustrasi, vaksin yang seharusnya bisa memberikan kekebalan hingga tiga tahun bisa turun menjadi dua tahun karena diberikan saat seseorang sedang sakit. Kekebalan yang seharusnya terbentuk dalam dua minggu juga bisa bertambah lama menjadi empat minggu.

"Kalau lagi sakit, sedikit sakit, reaksi kekebalan tidak akan optimal," kata Hindra. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar