Positif Covid-19 di Pekanbaru Bertambah 46 Kasus, Satu Orang Meninggal Dunia

  • Jumat, 04 September 2020 - 21:29:51 WIB | Di Baca : 2468 Kali

SeRiau - Kasus konfirmasi positif di Pekanbaru hari ini, Jumat (4/9) bertambah 46 orang. Satu orang di antaranya dikabarkan meninggal dunia.

Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru hari ini, jumlah kasus konformasi positif mencapai 844 orang. Di mana 85 orang masih diisolasi di rumah sakit, 468 orang isolasi mandiri, 275 orang dinyatakan sembuh, dan 16 orang meninggal dunia.

Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi mengatakan bahwa penambahan kasus hari ini masih di dominasi oleh kasus positif sebelumnya atau kontak erat dan kasus suspek atau pasien dalam pengawasan (PDP) yang kemudian dinyatakan positif Covid-19.

"Kasus hari ini masih didominasi oleh kasus kontak erat pasien sebelumnya. Di mana, dari kasus kontak erat ada 20 orang," ujar Mulyadi saat dihubungi melalui selularnya, Jumat (4/9/2020).

Lanjut Mulyadi, penambahan dari kasus suspek juga meningkat. Berdasarkan data hari ini, penambahan kasus positif dari suspek sebanyak 12 orang.

Selain itu, hari ini penambahan kasus positif juga berasal dari perusahaan swasta. Di mana ada 9 orang dinyatakan positif Covid-19 dari klaster ini.

Sementara pasien positif yang melakukan swab mandiri 2 orang dan 3 orang diketahui ada riwayat perjalanan.

Kemudian berdasarkan distribusi kasus per kecamatan, Mulyadi mengatakan kasus hari ini tersebar di 11 kecamatan se-Kota Pekanbaru. "Distribusi kasus terbanyak hari ini berasal dari Kecamatan Rumbai Pesisir 11 kasus, Rumbai 9 kasus, Tampan dan Limapuluh 5 kasus," sebutnya.

Kemudian lanjutnya, 4 kasus dari Payung Sekaki, Bukit Raya 2 kasus, Tenayan Raya 2 kasus, Sukajadi 2 kasus, Pekanbaru Kota 1 kasus,  Senapelan 1 kasus, dan Marpoyan Damai 1 kasus. Sedangkan 3 kasus lagi dari luar Kota Pekanbaru.

Di samping itu, dari jumlah penambahan kasus hari ini, dikabarkan satu orang pasien positif meninggal dunia. Yaitu ID (57) laki-laki warga Limbungan Baru, Kecamatan Rumbai Pesisir.

Pasien ini kata Mulyadi dirawat di RS Awal Bros dengan hasil positif Covid-19, Post ROS, C1x, CAP, ARDS. Kemudian pasien meninggal pada 4 Setember pagi.

Secara keseluruhan Ia menilai penyebaran kasus positif ini tersebar di seluruh Kota Pekanbaru. Oleh karena, Ia terus mengingatkan agar masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan. "Gunakan masker, jaga jarak, hindari kerumunan, cuci tangan dengan sabun, makan makanan bergizi, dan olahraga teratur," imbaunya. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar