Gunung Raung Erupsi, BPBD Banyuwangi Hentikan Pendakian Via Banyuwangi

  • Kamis, 16 Juli 2020 - 21:11:28 WIB | Di Baca : 2302 Kali

SeRiau - Gunung Raung erupsi skala kecil. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi pun menghentikan pendakian ke gunung setinggi 3.300 meter di permukaan air laut (MDPL) itu. Pihaknya berkoordinasi dengan Camat Kalibaru, melakukan penghentian pendakian dari jalur Wonorejo, Banyuwangi.

Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Banyuwangi Eka Muharram mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan 3 camat yang lokasinya berada di sekitar Gunung Raung. Di antaranya, Camat Sempu, Songgon dan Kalibaru. Untuk Kecamatan Kalibaru, pihaknya meminta untuk menghentikan aktivitas pendakian Gunung Raung yang melalui Wonorejo.

"Kami minta untuk tidak ada pendakian untuk saat ini," ujar Eka Muharram kepada detikcom, Kamis (16/7/2020).

Saat ini, kata Eka, tidak ada laporan hujan abu di sekitar Gunung Raung setelah adanya erupsi skala kecil itu. Namun pihaknya minta masyarakat waspada.

"Waspada saja. Jangan panik. Karena saat ini kita evaluasi. Kami juga berkoordinasi dengan PVMBG terkait dengan erupsi ini," tambahnya.

Untuk wilayah terdekat dari puncak Gunung Raung, kata Eka, berada di Dusun Bejong, Kecamatan Songgon. Namun jaraknya sangat jauh yakni sekitar 12 hingga 15 KM.

"Sangat jauh dari pemukiman. Makanya tidak perlu panik," pungkasnya.

Sementara Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo menambahkan erupsi Gunung Raung tersebut masih relatif aman bagi warga yang berada di pemukiman terdekat.

Hanya saja, Pos PGA Raung mengimbau kepada para pendaki agar tidak melakukan pendakian terlebih dahulu, terlebih mendekati bibir kawah.

"Larangan secara khusus belum ada. Tapi kita mengimbau kepada pendaki agar tidak melakukan pendakian. Status normal pun, dilarang mendekati kawah," pungkasnya.

Gunung Raung mengalami erupsi skala kecil dan mengembuskan abu setinggi hingga 100 meter dari puncak gunung. Berdasarkan pantauan CCTV pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Raung, terlihat asap pekat yang keluar dari puncak gunung setinggi 3.300 mdpl.

Sebelumnya tahun 2015 terjadi erupsi besar Gunung Raung disertai dengan gempa tremor dengan amplitudo 29 milimeter hingga 32 milimeter. Erupsi kala itu juga mengakibatkan hujan abu di wilayah Banyuwangi hingga ke daerah yang berjarak 30 km dari Gunung Raung. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar