Heboh Pesan Berantai Melalui Whats app, Tim Gugus Tugas Bantah Ada Lima Klaster Penyebaran Covid-19 di Pekanbaru

  • Kamis, 25 Juni 2020 - 22:50:39 WIB | Di Baca : 2876 Kali
Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru, dr Mulyadi.

SeRiau - Melalui media sosial Whats App, masyarakat Pekanbaru dihebohkan dengan informasi atau pesan berantai yang menyatakan adanya lima klaster penyebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru. Lima klaster yang disebutkan dalam pesan tersebut yaitu BRI, Kantor Camat Bukit Raya, Puskesmas Rumbai, Pizza Hut Ciputra, dan Kantor Bersama Pemko (Bapenda, Disperindag, dan Diskoperasi).

Terkait infomasi tersebut, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, melalui Sekretaris Diskes, dr Zaini saat dikonfirmasi, membantah informasi yang beredar tersebut. Menurutnya, informasi yang disampaikan itu ada benar dan ada juga yang salah.

"Nggak, beritanya kacau balau. Ada yang benar, tapi banyak juga yang salah," ujar Zaini, Kamis (25/6/2020).

Ia membenarkan adanya klaster dari BRI. "Yang benar itu ialah klaster salah satu perusahaan BUMN," ucapnya.

Sementara, Ia membantah adanya klaster dari Puskesmas Rumbai, Pizza Hut Ciputra, Kantor bersama Bapenda, Disperindag dan Diskoperasi.

Dikatakannya, intansi atau tempat yang disebutkan itu tidak ada kasus positif Covid-19.

Hal itu juga dibantah oleh Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru, dr Mulyadi saat dikonfirmasi, Kamis (25/6/2020) malam. Ia mengakui bahwa memang ada beberapa orang pekerja yang positif Covid-19 di kelompok kerja seperti salah satu cabang Kantor BRI dan Kantor Camat Bukit Raya. 

Namun, Ia juga membantah adanya  kasus positif selain di BRI dan Kantor Camat Bukit Raya. "Untuk yang masih dalam proses tracing kontak dan belum ada hasil," ujar Mulyadi.

Dikatakannya, di Puskesmas Rumbai ada salah satu tenaga kesehatan positif Covid-19 yaitu dokter intership yang bekerja di puskesmas tersebut. Saat ini dalam proses tracing kontak dan seluruh pegawai yang bekerja sudah diambil swab dan menunggu hasilnya.

Kemudian untuk Pizza Hut Ciputra, pihaknya mengaku belum mendapatkan info lengkap dan masih menunggu hasil tracing dari Dinkes Kota Pekanbaru. "Saya belum mendapat info lengkap, masih menunggu hasil tracing teman-teman Dinkes Kota Pekanbaru," ungkapnya.

Sedangkan untuk kantor bersama Pemko Pekanbaru yaitu Bapenda, Disperindag dan Diskoperasi, pihaknya membantah adanya klaster tersebut. "Ini tidak benar," tegasnya. 

Ia berharap, pesan yang tersebar itu tidak menimbulkan kegelisahan di tengah masyarakat. "Tetap sehat dengan jaga jarak, hindari kerumunan, memakai masker kalau keluar rumah, tetap semangat, tetap produktif, semoga Allah SWT melindungi kita semua," harapnya.

 

Berikut lima klaster yang beredar melalui watts app
" Telah berkembang pesat covid 19 di pekanbaru, waspadai cluster :
1. BRI
2. Kantor Camat Bukit   
     Raya
3. Puskesmas Rumbai
4. Pizza Hut Ciputra
5. Kantor Bersama 
     Pemko (Bapenda, 
     Disperindag & 
     Diskoperasi) "

 

(**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar