Satu Warga Bandar Lampung Dinyatakan Positif Covid-19 di Pekanbaru

  • Senin, 15 Juni 2020 - 18:50:28 WIB | Di Baca : 2033 Kali

SeRiau - Lagi, kasus positif Covid-19 di Pekanbaru bertambah 1. Tambahan satu kasus positif ini masih impor dari daerah zona merah, yaitu Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Hal itu diungkapkan oleh Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru, dr Mulyadi bahwa hari ini ada satu penambahan kasus positif. "Yaitu Tuan EF (38) warga Kelurahan Gunung Salah, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung," ujar Mulyadi, Senin (15/6/2020).

Dikatakannya, pasien masuk rumah sakit 13 Juni. Dengan riwayat perjalanan datang dari Bandar Lampung dan 9 Juni tiba Kabupaten Pelalawan dengan menggunakan bus bersama dua orang temannya untuk bekerja di sebuah perusahaan swasta.

Kemudian pada tanggal 10 Juni pasien melakukan swab bersama tiga orang temannya di RS Awal Bros Panam. Selanjutnya pada tanggal 13 Juni swab keluar dengan hasil positif. Pada 14 Juni, pasien baru dirujuk ke RSUD Arifin Achmad.

"Jadi saat ini pasien sudah dirawat di RSUD Arifin Achmad," kata Mulyadi.

Dikarenakan kasus ini ditemukan di Kota Pekanbaru kata Mulyadi, maka kasus tersebut masuk dalam data kasus Kota Pekanbaru. Sehingga dengan tambahan satu kasus positif tersebut, total kasus di Pekanbaru saat ini berjumlah 43 orang.

Dirincikannya, dari 43 orang tersebut, 1 orang masih dirawat, 38 orang telah dinyatakan sembuh, dan 4 orang meninggal dunia.

Mulyadi menjelaskan, penambahan satu kasus positif ini merupakan penambahan kasus positif ketiga dari luar Kota Pekanbaru. "Penambahan pertama dari Kabupaten Natuna, kedua Kota Batam dan ketiga Kota Bandar Lampung," sebutnya.

Ia menilai, dengan adanya penambahan kasus dari luar tersebut mengingatkan bahwa potensi perkembangan second wave atau gelombang kedua menjadi ancaman bagi Kota Pekanbaru.

Oleh karena itu, pihaknya meminta masyarakat terutama untuk RT/RW agar bekerjasama memantau warga yang datan dari luar Kota Pekanbaru. "Apabila ada kedatangan warga dari luar Kota Pekanbaru mohon diinformasikan agar kita bisa melakukan pemantauan atau pemeriksaan terhadap warga yang datang dari luar tersebut," terangnya.

Dengan begitu, tim bisa dengan cepat melakukan atau melokalisir tempat ataupun melalukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan.

Sementara itu, untuk kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah 6 orang, dengan total kasus 654 orang. Di mana 21 orang masih dirawat, 567 orang dinyatakan sehat dan 66 orang meninggal dunia.

Sedangkan untuk Orang Dalam Pantauan (ODP) kata Mulyadi, hari ini bertambah 9 orang, dengan total mencapai 6.034 orang. Diketahui 108 orang masih dalam pemantauan dan 5.926 orang dinyatakan selesai pemantauan. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar