Kepala BNPT: Tiap Generasi Bertanggung Jawab soal Keragaman Bangsa

  • Rabu, 10 Juni 2020 - 18:43:41 WIB | Di Baca : 1617 Kali

SeRiau - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ( BNPT), Boy Rafli Amar mengatakan, tiap generasi memiliki tanggung jawab untuk meneruskan pemahaman soal keragaman bangsa demi mencegah berkembangnya radikalisme yang berujung pada aksi terorisme.

Boy menyatakan, keragaman dan kemajemukan sejatinya telah menjadi bagian dari konstitusi dan dasar negara Indonesia.

"Tentu dari generasi ke generasi perlu kita yakinkan bahwa dasar negara kita adalah menerima berbagai perbedaan atau keberagaman," kata Boy dalam konferensi pers dari kantor BNPT di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (10/6/2020).

"Ini menjadi tanggung jawab kita agar tidak berpikir secara sempit hanya melihat dari sisi pemahaman dia saja, dan diharapkan kita dapat hidup dalam toleransi," ujar dia.

Boy pun menyebutkan tokoh-tokoh agama dan para ulama merupakan mitra strategis BNPT dalam upaya pencegahan radikalisme.

Menurut dia, pandangan bahwa aksi terorisme selalu berasosiasi dengan simbol agama-agama tertentu mesti diluruskan.

"BNPT dalam tugasnya, memiliki misi dengan mengajak semua pihak, kalau hari ini kita lihat tampilannya menggunakan simbol agama, istilah agama, atau nama agama, tentu kita harus meluruskan pemikiran ini," tuturnya.

Boy berharap di masa mendatang tidak ada lagi masyarakat, khususnya kaum muda yang terlibat dalam aksi terorisme akibat radikalisme.

Ia mencontohkan soal aksi teror di Daha Selatan, Kalimantan Selatan, yang dilakukan oleh seorang pemuda bernama Abdul Rahman berusia 19 tahun.

"Kita berharap pemikiran yang mengarah ke tindakan terorisme tidak lagi menjadi hal yang diminati anak-anak muda kita," kata Boy Rafli. (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar