Satu Warga Kepri Kembali Dinyatakan Positif Covid-19 di Pekanbaru, Pasien Banyak Riwayat Perjalanan

  • Selasa, 09 Juni 2020 - 19:23:58 WIB | Di Baca : 2082 Kali

SeRiau - Satu warga Kepulauan Riau kembali dinyatakan positif Covid-19 di Pekanbaru. Kali ini, pasien merupakan warga Kota Batam yang telah melalukan perjalanan ke beberapa daerah.

Hal itu dikatakan oleh Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru, dr Mulyadi bahwa hari ini dikabarkan ada penambahan satu kasus positif Covid-19.

"kasus konfirmasi positif bertambah satu orang hari ini. Yaitu Nona TJM (40). Pasien adalah warga Kecamatan Batu Aji, Batam, Kepri," ujar Mulyadi, saat memberikan keterangan pers di Gedung MPP Pekanbaru, Selasa (9/6/2020).

Dikatakannya, bahwa pasien ini ditemukan di Kota Pekanbaru dengan riwayat perjalanan yang cukup banyak.

Perjalanan pasien diawali pada 29 Februari 2020 lalu. Pasien berangkat dari Batam ke Kota Tarutung. Pasien berada di Tarutung sekita tiga pekan. 

"Pasien melayat orang tuanya meninggal. Pada 16 Maret, pasien berangkat dari Tarutung menuju Teluk Kuantan bersama keluarga dengan menggunakan mobil pribadi," jelas Dokter Mulyadi.

Rombongan tiba di Teluk Kuantan pada 17 Maret 2020. Pasien berada di Teluk Kuantan selama dua bulan. 

Pasien tidak ada riwayat berpergian di Teluk Kuantan. Pada 5 Juni, pasien berangkat dari Teluk Kuantan ke Pekanbaru dengan menggunakan mobil angkutan sewa.

"Ada empat penumpang di dalamnya. Mobil sempat berhenti di SPBU di perbatasan Pekanbaru," sebut Dokter Mulyadi.

Sesampainya di Pekanbaru, pasien diperiksa di Rumah Sakit Awal Bros Jalan Jenderal Sudirman. Pasien menjalani rapid test dan hasilnya reaktif. 

Pasien ini dijadikan pasien dalam pengawasan (PDP). Pasien dilakukan swab (pengambilan sampel lendir pada saluran pernafasan) pada 5 Juni. 

"Hasil swab pasien keluar hari ini yaitu positif corona. Jadi kasus ini masih impor atau berasal dari luar Pekanbaru. Sehingga total kasus positif sebanyak 42 orang di Pekanbaru," ujar Dokter Mulyadi.

Dari 42 kasus positif, 37 orang dinyatakan sehat, 1 orang masih dirawat, dan 4 orang meninggal dunia.

Sementara itu, pasien HW (46) warga Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19, kini sudah dinyatakan sembuh. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar