Jokowi: Baru 15 Persen BLT Desa Tersalurkan untuk Masyarakat

  • Sabtu, 16 Mei 2020 - 18:50:59 WIB | Di Baca : 1578 Kali

SeRiau - Presiden Joko Widodo mengatakan, hingga saat ini belum semua alokasi Bantuan Sosial Tunai ( BST) dan Bantuan Langsung Tunai ( BLT) disalurkan kepada masyarakat.

"Perlu saya sampaikan bahwa sampai saat ini BLT Desa baru 15 persen tersalur ke masyarakat," kata Jokowi, dikutip dari akun YouTube Biro Kepresidenan, Sabtu (16/5/2020).

"Artinya ada 85 persen yang masih belum diterima oleh masyarakat," ujar Jokowi.

Hal yang sama, menurut Jokowi, juga terjadi untuk BST untuk masyarakat desa.

"Untuk BST juga baru kurang lebih, dari informasi yang saya terima, baru kurang lebih 25 persen diterima masyarakat. Sehingga ada 75 persen yang belum diterima," kata Presiden Jokowi.

Terkait hal ini, Jokowi menuturkan bahwa dirinya telah meminta kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Sosial dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk mempercepat penyaluran BLT Desa dan BST Desa.

"Saya sudah meminga agar disederhanakan dengan memotong prosedurnya. Sehingga masyarakat bisa segera menerima ini," tutur Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga mengakui masyarakat banyak yang mengeluhkan belum mendapatkan dua jenis bantuan sosial tersebut.

Adapun alokasi dana untuk BLT Desa dan BST masing-masing sebesar Rp 600.000 untuk setiap penerima.

Kedua jenis bansos ini akan diberikan selama tiga bulan berturut-turut kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19. (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar