Doni Monardo: Instruksi Presiden Jokowi, Tak Ada Lockdown

  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 23:35:20 WIB | Di Baca : 1550 Kali

SeRiau - Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 atau virus corona Doni Monardo memastikan pemerintah RI tak akan mengeluarkan kebijakan lockdown. Hal ini menjawab pertanyaan masyarakat mengenai akan ada lockdown di tengah merebaknya corona.

Doni mengatakan, Presiden Jokowi sendiri yang memberi langsung instruksi tersebut ke Doni yang juga Kepala BNPB itu.

"Pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi yang memberi instruksi kepala gugus tugas, tak ada lockdown," kata Doni dalam videonya, Sabtu (21/3).

Doni berharap jawaban tersebut menjadi jawaban terkait isu akan adanya lockdown di Indonesia. Selanjutnya, Doni mengimbau warga mematuhi imbauan pemerintah untuk melakukan social distancing, untuk mengurangi potensi meluasnya virus corona.

"Sehingga jawaban saya ini mungkin bisa menjadi kepastian bagi seluruh komponen masyarakat termasuk rekan-rekan sahabat dari berbagai negara yang sekarang di Indonesia khususnya di Jakarta,"lanjut Doni.

"(Warga bisa) mematuhi kebijakan pemerintah, yaitu sosial distancing atau kalau lebih mudah kita artikan dilarang berdekatan (dan) berkumpul. Insyaallah kita bisa mengurangi masyarakat yang terpapar," jelas dia.

Juru bicara pemerintah soal penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, sebelumnya merilis angka terbaru kasus yang disebabkan virus corona itu. Per Sabtu (21/3), terdapat penambahan, baik dari kasus positif maupun pasien yang sembuh maupun meninggal. 

"Ada penambahan kasus baru sebanyak 81. Jadi total kasus (positif) 450," kata Yuri, dalam jumpa pers di Gedung BNPB, Jakarta, Sabtu (21/3). (**H)


Sumber: kumparan.com





Berita Terkait

Tulis Komentar