Cegah Corona, Wawako Minta Masyarakat Terapkan PHBS

  • Ahad, 08 Maret 2020 - 06:14:15 WIB | Di Baca : 2034 Kali

SeRiau - Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi mengimbau masyarakat supaya tidak panik dan resah dengan maraknya isu peredaran wabah Covid-19 atau virus Corona. 

Wakil Wali Kota Pekanbaru itu meminta masyarakat supaya menyikapi virus corona dengan tenang, dan melakukan upaya pencegahan dengan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). 

"Kami mengimbau agar masayarakat tidak resah, sikapi dengan tenang. Sebab pemerintah juga melakukan upaya-upaya pencegahan," ujar Ayat Cahyadi, Sabtu (7/3/2020).

Menurutnya, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah. Baik pemerintah pusat maupun disetiap daerah. Mulai dari menyiagakan medis, seperti rumah sakit dan puskesmas disetiap daerah. 

Disetiap pintu masuk dan keluar disetiap daerah juga disediakan alat untuk pemantauan penyebaran virus. Pemantauan dilakukan dengan metal detector. 

Ayat juga mengimbau, supaya masyarakat tidak melakukan aksi borong masker dan bahan pokok. Seperti yang terjadi saat ini, keberadaan masker 
wajah saat ini sudah mulai langka dan memiliki harga melambung tinggi. 

"Jangan lakukan aksi borong, karena akan menggangu stabilitas harga, dan stok barang itu sendiri. Bentengi diri kita dengan pola hidup bersih dan olahraga yang cukup untuk ketahanan fisik," jelas Ayat.

Ia juga meminta jajarannya dan SKPD terkait untuk menyikapi isu yang beredar di masyarakat melalui koordinasi dengan pemerintah provinsi maupun pusat. Pihak yang berkompeten juga diminta supaya memberikan sumber informasi yang akurat terkait wabah virus Corona tersebut. 

"Jangan membuat isu yang membuat masyarakat resah dan khawatir lewat informasi yang belum tentu benar. Karena yang suspek kemarin di Pekanbaru negatif hasilnya kan," tutup Ayat. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar