Nadiem: Hampir Seluruh Aspek Kebudayaan Kita Ada Pengaruh Budaya Tiongkok

  • Kamis, 06 Februari 2020 - 18:41:59 WIB | Di Baca : 961 Kali

SeRiau - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim bercerita soal aspek kebudayaan di RI yang kebanyakan terpengaruh budaya Tiongkok. Dia mengatakan mulai dari kuliner hingga pakaian di Indonesia terpengaruh kultur Tiongkok.

"Tapi bangsa Indonesia ini hubungan sejarah dengan warga keturunan Tiongkok itu luar biasa kayanya sejarah kita. Dari seluruh aspek kebudayaan kita hampir tidak ada yang tidak ada pengaruh dari warga dan budaya Tiongkok," ujar Nadiem di Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020).

Hal ini disampaikannya dalam Perayaan Imlek 2571 di Kemendikbud. Acara ini dihadiri sekitar 200 warga keturunan Tionghoa berserta para pejabat Kemendikbud.

Nadiem juga mengatakan sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia tidak terlepas dari kebersamaan dengan warga keturunan Tionghoa. Dia juga sempat menceritakan dirinya yang pernah belajar bahasa Mandarin secara intensif saat kuliah.

"Mulai dari makanan kita. Dari mi makan jajanan sampai baju-baju kita, baju koko kita, dan semua jenis elemen budaya, bahkan sejarah kemerdekaan kita pun kebersamaan dengan warga Tiongkok. Itu jadi salah satu hal yang khas mengenai Indonesia," ucap Nadiem.

Nadiem kemudian menyampaikan tujuan perayaan Imlek di Kemendikbud diadakan secara meriah adalah agar semua agama dapat merayakan hari besar. Menurutnya, Indonesia memiliki keberagaman yang erat.

"Dan salah satu alasan kenapa ini perayaan yang sangat meriah, karena Kemendikbud ingin meyakinkan masyarakat bahwa setiap kali kita merayakan hari libur nasional dari berbagai macam agama suku dan tradisi masing-masing itu bukan hanya untuk dirayakan bagi suku atau agama tersebut," kata Nadiem.

"Tapi mulai sekarang di Kemendikbud dan harapan kita untuk seluruh masyarakat Indonesia adalah bagi berbagai macam hari libur itu semua merayakan karena kita ini Indonesia," sambungnya. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar