Jokowi Disebut Lantik Menteri Kabinet pada Rabu

  • Senin, 21 Oktober 2019 - 13:14:21 WIB | Di Baca : 1015 Kali

 

SeRiau - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengagendakan pelantikan kabinet periode 2019-2024 pada Rabu (23/10). Kabar tersebut diungkap Mahfud usai menemui Presiden Jokowi di Istana Negara, Senin (21/10).

"Kalau tidak berubah akan dilantik Rabu. Pagi sudah dilantik," kata Mahfud kepada wartawan usai bertemu Jokowi.

Terkait isi pertemuan, Mahfud mengakui Jokowi meminta dirinya mengisi pos jabatan menteri. Dari diskusi yang berlangsung, Mahfud menyebut Jokowi banyak membicarakan mengenai penegakan hukum, hak asasi manusia (HAM), dan juga radikalisme. 

Jokowi, kata Mahfud, menyebut eksekutif perlu menjadi motor dalam persoalan tersebut karena semua perangkat yang diperlukan untuk menegakkan hukum disediakan oleh negara. 

"Saya tidak diberitahu untuk jabatan (menteri) apa," kata Mahfud menegaskan.

Namun demikian, ketika ditanyakan kesiapan, Mahfud menjawab tegas. "Saya nyatakan siap untuk negara," kata pakar hukum tata negara tersebut.

Sebelumnya, Jokowi telah memastikan akan memperkenalkan lebih dulu menteri-menteri yang akan membantunya pada periode 2019-2024 pada Senin (21/10). 

"Nanti dikenalkannya pagi. Pagi akan kita kenalkan, baru setelah itu dilantik," kata Presiden Jokowi usai menghadiri acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Periode 2019-2024, di Gedung MPR-DPD-DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10) sore.

Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin resmi menjabat sebagai presiden-wakil presiden usai dilantik Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada Minggu (20/10). Mereka akan menjadi pimpinan pemerintahan periode 2019-2024.

Prosesi pelantikan dipimpin oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo dan dihelat di Gedung DPR/MPR, Jakarta.

 

 


Sumber CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar