Tim SAR Gabungan Cari Pesawat yang Hilang Kontak di Papua

  • Rabu, 18 September 2019 - 14:51:47 WIB | Di Baca : 1051 Kali

 

SeRiau - Tim SAR gabungan dikerahkan untuk melakukan pencarian pesawat Twin Otter PK-CDC yang hilang kontak dalam penerbangan dari Bandara Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika menuju Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Senin (18/9/2019).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Monce Brury mengatakan, personel yang dikerahkan berjumlah 10 orang dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Brimob dan Lanud Yohanis Kapiyau menggunakan pesawat Carpediem Air jenis Twin Otter PK-CDJ.

"Kami tim empat orang beserta dari Brimob kurang lebih tadi empat orang, kemudian dari Lanud dua orang dengan kru maskapai melakukan searching," kata Monce Brury saat ditemui usai pemberangkatan tim SAR di Terminal Baru Bandara Mozes Kilangin Timika.

Menurut dia, meski dari informasi yang diperoleh cuaca tidak memungkinkan untuk dilakukan proses pencarian, pihaknya bersama pihak terkait lainnya tetap berupaya melakukan pencarian untuk menemukan pesawat yang belum diketahui keberadaannya itu.

"Kami upayakan pencarian, walaupun tadi di lapangan disampaikan bahwa cuaca tidak memungkinkan untuk searching. Tetapi langkah awal yang kita laksanakan adalah searching dulu, siapa tahu ada titik terang sehingga bisa untuk melakukan evakuasi," katanya.

Pesawat Twin Otter PK-CDC yang diketahui milik PT Carpediem Aviasi Mandiri berangkat dari Bandara Mozes Kilangin Timika sekitar pukul 10.31 WIT. Pesawat itu diperkirakan mendarat dan tiba di Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak pada pukul 11.29 WIT. Namun, selang dua setengah jam kemudian, pesawat tak kunjung mendarat. Pihak Airnav Bandara Mozes Kilangin Timika akhirnya menyatakan pesawat mengalami lost contact.

Data yang diperoleh dari pihak bandara menyebutkan, pesawat memuat kargo berupa beras seberat 1700 kilogram. Kemudian pesawat dipiloti oleh saudara Dasep dan Co Pilot Yudra serta teknisi Ujang. Sementara itu terdapat juga seorang penumpang bernama Bharada Hadi.

 

 

 


Sumber Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar