Menkominfo Wacanakan Gunakan Menara Masjid Sebagai BTS

  • Ahad, 19 Mei 2019 - 00:35:18 WIB | Di Baca : 1228 Kali

SeRiau - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan sedang mengkaji peluang untuk memanfaatkan menara (tower) masjidsebagai pengganti menara seluler (BTS).

"Sebetulnya kami sudah melakukan survei, kan masjid itu ada tower-tower-nya, itu bisa dimanfaatkan untuk BTS-BTS," ujar Rudiantara usai menghadiri acara "Prisma Fair 19TH" di Jakarta, Sabtu (18/5).

BTS yang merupakan singkatan dari Base Transceiver Station adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator seluler.

Menurut Rudiantara, penempatan BTS di tower masjid tersebut akan menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik pihak masjid maupun operator seluler.

"Masjid bisa mendapatkan pendapatan dan operator seluler akan mendapatkan kemudahan. Jadi, tidak perlu lagi mendapat izin lingkungan lagi dan sebagainya. Itu salah satunya, kita akan coba dorong lagi nanti," ujar pria yang karib disapa Chief RA tersebut.

Rudiantara mengaku ide tersebut pun sebenarnya sudah pernah menjadi wacana sebelumnya. Kini, kata mantan Direktur PT Telkomsel tersebut, pihaknya akan lebih mendorong untuk bisa segera diwujudkan.

"Kita akan terus dorong terutama di Jakarta, tapi belum banyak aktivitasnya nanti kita coba dorong lagi nanti," kata Rudiantara.

Saat ditanya kriteria dan letak masjid yang memenuhi syarat untuk penempatan perangkat BTS tersebut, Rudiantara menjawab, "Saya lupa tapi database-nya sudah disiapkan oleh dewan masjid. Operator siapapun lah." (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar