Juru Bicara Presiden: Ada Kemungkinan Reshuffle Pasca Lebaran

  • Rabu, 08 Mei 2019 - 14:58:46 WIB | Di Baca : 1044 Kali

 

SeRiau - Juru Bicara Presiden Johan Budi Sapta Pribowo mengatakan reshuffle di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo bisa jadi dilaksanakan usai hari raya Idul Fitri 2019. Ia menegaska n sepanjang bulan Ramadan ini tak akan ada reshuffle.

"Sampai lebaran ini tak ada informasi itu (reshuffle). Tapi kalau setelah lebaran kemungkinan bisa saja," kata Johan Budi, saat dikonfirmasi Tempo, Rabu, 8 Mei 2019.

Johan mengatakan selama ini, Jokowi hanya akan melaksanakan reshuffle dengan dua alasan. Pertama, melihat kinerja si menteri dan, kedua, adanya kasus hukum yang melibatkan menteri. "(menteri terkait) Berstatus sebagai tersangka," kata dia.

Sejak menjabat sebagai presiden, Jokowi telah melakukan tiga perombakan kabinet. Yang terakhir pada Agustus 2018, saat Jokowi melantik Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Sosial menggantikan Idrus Marham. Pergantian dilakukan karena Idrus menjadi tersangka kasus korupsi PLTU Riau.

Johan menegaskan, reshuffle bisa tetap dilakukan meski sisa waktu pemerintahan Jokowi hanya tinggal lima bulan. Status hukum menteri terkait dan kinerjanya, tetap menjadi alasan utama. "Presiden kalau mau ganti menteri, tidak melihat apakah pemerintahan periode pertama ini tinggal setahun atau sebulan. Tidak melihat itu," kata Johan.

 

 

 


Sumber TEMPO.CO





Berita Terkait

Tulis Komentar