Kopi dan Buah dapat Menurunkan Risiko Kanker Payudara

  • Rabu, 01 Mei 2019 - 09:48:19 WIB | Di Baca : 997 Kali

 

SeRiau - Mengonsumsi kopi, buah-buahan, dan sayuran dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara. Hal itu diungkapkan tim peneliti dari Universitas Navarra dan Universitas Jaen, Spanyol, dalam Kongres Eropa tentang Obesitas di Glasgow minggu ini. 

Baca: Ibu dan Anak di Inggris Kena Kanker Payudara di Waktu yang Sama
Para peneliti menemukan bahwa makanan tersebut dapat melindungi seseorang dari risiko kanker payudara pasca-menopause karena mengandung asam fenolik. Asam fenolik ditemukan dalam berbagai makanan nabati, termasuk biji-bijian, blueberry, buah jeruk, gandum dan beras, juga ditemukan dalam anggur merah.

Loading...

Penelitian tersebut melihat hubungan antara asam fenolik dan kanker payudara. Sebanyak 11.028 wanita terlibat dalam penelitian ini. Mereka dianalisis untuk asupan asam fenolik mereka selama periode rata-rata 12 tahun, selama waktu itu para peneliti menemukan 101 kasus kanker payudara.

Dikutip dari The Independent, 1 Mei 2019, para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi asam hidroksikinamat, bentuk alami asam fenolik, paling tinggi memiliki risiko kanker payudara 62 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi paling sedikit.

Dari berbagai jenis asam hidroksisinamat, terdapat turunannya yaitu klorogenik. Asam jenis ini banyak terdapat pada kopi, buah-buahan dan sayuran. Tidak heran makanan tersebut memiliki efek paling kuat dalam hal pengurangan risiko.

"Asupan asam hidroksikinamatik yang lebih tinggi, terutama dari asam klorogenik - hadir dalam kopi, buah-buahan dan sayuran - dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara pasca-menopause," para peneliti menyimpulkan.

Susannah Brown, penjabat kepala penafsiran penelitian di World Cancer Research Fund, mengatakan bahwa penelitian itu menegaskan pentingnya mengonsumsi buah-buahan dan sayuran untuk pencegahan kanker.
"Ini juga menunjukkan beberapa alasan biologis mengapa buah dan sayuran melindungi dari kanker," katanya.

Kotryna Temcinaite, manajer komunikasi penelitian di Breast Cancer Care and Breast Cancer Now, Inggris, mengatakan bahwa dunia medis sudah lama tahu bahwa makan buah dan sayuran sebagai bagian dari diet seimbang untuk membantu menurunkan risiko kanker payudara.

Tapi, ia tidak merekomendasikan minum banyak kopi untuk mencoba mengurangi risiko kanker payudara. “Kami mendorong semua wanita untuk makan banyak buah dan sayuran sebagai bagian dari diet sehat dan seimbang,” kata dia.

 


Sumber TEMPO.CO




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar