Bawaslu: 55 Pengawas Pemilu Meninggal Dunia

  • Jumat, 26 April 2019 - 18:32:25 WIB | Di Baca : 1051 Kali

SeRiau - Bawaslu menyebut terdapat sejumlah personel pengawas Pemilu yang meninggal dunia dalam Pemilu. Mereka terdiri dari personel Panitia Pengawas (Panwas) tingkat TPS hingga Panwas tingkat Kecamatan (Panwascam).

"Sampai hari ini sudah 55 orang, ini juga hal lain yang sebenarnya kami sedih," ujar anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).

Afif menyebut jumlah ini terus bertambah. Dia meminta seluruh pihak mendokan dan melanjutkan tugas pengawasan sebagai bentuk penghargaan.

"Ini kan kayak terus-terusan bertambah, menurut kita ya sikap terbaik kita mendoakan mereka. Sambil untuk melanjutkan tugas mereka misalnya rekap ini sampai tingkat nasional kita jaga, itu bentuk pernghargaan terbaik untuk pahlawan demokrasi," kata Afif.

Terkait dana santunan, Afif mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Selain itu, masing-masing jajaran Bawaslu disebut juga akan memberikan santunan secara sukarela.

"Sekarang sedang ada pembicaraan dengan kementerian, yang sifatnya resmi dari negara. Nanti juga di semua jajaran kita akan menjalankan yang sifatnya charity (karitas/sumbangan)," kata Afif.

Menurutnya, dana ini akan segera diberikan bila Kemenkeu sudah memberikan putusan terkait besaran dana santunan. Namun dia menyebut sebagian Bawaslu pada tingkat provinsi telah memberikan santunan. 

"Secepatnya kalau yang dari negara, karena kami masih menanti dari Kemenkeu. Dari jajaran kami juga belum tahu, kalau sudah ada persetujuan, kami rencanakan akan segera eksekusi meski harus menalangi dulu," kata Afif. 

"Tetapi dari Bawaslu provinsi sudah datang ke rumah masing-masing dan memberikan," sambungnya. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar