Jokowi Minta Kepala BNPB Tuntaskan Penanggulangan Bencana Palu-Banten

  • Senin, 14 Januari 2019 - 15:42:14 WIB | Di Baca : 1084 Kali

SeRiau - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas terkait kesiagaan menghadapi bencana. Jokowi memerintahkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo untuk menuntaskan rehabilitasi dengan rekonstruksi pascabencana dengan baik. 

Rapat digelar di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/1/2019). Jokowi mengatakan, yang berkaitan dengan rehabilitasi dan rekonstruksi bencana yang terjadi di tanah air, bisa segera diselesaikan. 

"Saya ingin ingatkan kepada kita semuanya, terutama Kepala BNPB yang baru agar yang berkaitan dengan rehabilitasi, berkaitan dengan rekonstruksi baik yang berada di Lombok NTB, kemudian di Palu, Donggala di Sulteng, kemudian yang berada di Banten dan di Lampung betul-betul dikawal implementasi agar bisa segera diselesaikan, terutama yang di NTB kemudian berlenjut ke Sulteng dan Lampung dan Banten," jelas Jokowi membuka rapat.

Jokowi lalu menyinggung soal sistem peringatan dini bencana. Jokowi meminta sistem dan peralatan yang ada dicek dan dievaluasi.

"Ini agar dievaluasi, dicek di lapangan dan pengujian dan pengorganisasi sistem peringatan dini betul-betul semua pada posisi yang baik, rakyat bisa tahu. Sehingga korban yang ada bisa kita hilangkan dan minimalkan," katanya.

Tak hanya itu, Jokowi juga membahas soal edukasi kebencanaan. Dia ingin akhir bulan ini bisa dimulai. 

"Baik di Kemendikbud, juga di masyarakat. Saya ingin ini terus digerakkan semua daerah, terutama di daerah-daerah rawan bencana," katanya.

Di akhir sambutan, Jokowi mengatakan agar manajemen kesiapan kebencanaan betul-betul dikoordinasi dengan baik. Jokowi menekankan sinergitas antar-lembaga harus berjalan dengan baik.

"Sinergi antarlembaga terkait kebencanaan betul-betul merespons secara cepat, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, relawan, PMI, ormas dan lembaga-lembaga donor dan melakukan simulasi latihan penanganan bencana secara berkala dan berkesinambungan secara rutin," jelasnya. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar