Kenali Kanker Darah, Penyebab Meninggalnya Dian Pramana Poetra

  • Jumat, 28 Desember 2018 - 00:16:36 WIB | Di Baca : 1527 Kali

SeRiau - Musisi senior Tanah Air, Dian Pramana Poetradinyatakan meninggal dunia pada Kamis malam (27/12/2018) karena mengidap kanker darah stadium 4. Penyakit ini mengakibatkan kesehatannya menurun dan tidak bisa melakukan aktivitas.

Kanker darah yang dialami Dian Pramana Poetra merupakan kanker yang menyerang sel-sel pembentuk darah. Penyakit yang umum terjadi akibat kanker darah adalah leukemia, myeloma, dan limfoma. Dilansir dari Webdmd, gejalanya biasanya datang perlahan dan tidak disadari. Bahkan, beberapa orang tidak merasakan gejalanya sama sekali.

Kanker ini menyerang di dalam tulang sumsum yang merupakan tempat dibuatnya sel-sel darah. Hal ini menyebabkan tubuh Anda membuat sel darah putih di luar kendali dan hidup lebih lama dari yang seharusnya. Sel-sel kanker juga menghalangi pertumbuhan sel-sel darah sehat, sehingga tida tumbuh dan bekerja normal.

Sel-sel kanker dapat menumpuk di kelenjar getah bening, amandel, hati, dan limpa. Jika Anda merasakan benjolan di leher atau ketiak, merasa kenyang walau baru makan sedikit, dan kehilangan berat badan drastis, cobalah periksakan diri ke dokter.

Beberapa gejala kanker darah adalah anemia, memar tidak biasa, gusi berdarah, sering demam serta berkeringat di malam hari, hingga pendarahan atau munculnya titik-titik merah di kulit. Pada anemia, gejala yang muncul adalah mudah merasa lelah, sesak napas, pusing, kulit pucat, dan sakit dada.

Pada Dian Pramana Poetra, disebutkan sebelum meninggal kondisi fisiknya sempat meningkat. Namun, setelah pulang dari rumah sakit, Dian menghembuskan napas terakhir pada pukul 20.05 di kediamannya. (**H)


Sumber: Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar