Korban Tewas Tsunami Selat Sunda Capai 222 Orang

  • Ahad, 23 Desember 2018 - 19:35:30 WIB | Di Baca : 1504 Kali

SeRiau - Korban akibat terjangan tsunami yang melanda daerah Banten dan Lampung terus bertambah. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho melaporkan jumlah korban tewas mencapai 222 orang.

Sutopo menekankan untuk korban luka-luka sudah menembus 843 orang serta 28 masih hilang.
    
"Data sementara yang berhasil dihimpun posko BNPB hingga Minggu pukul 16.00 WIB tercatat 222 orang meninggal dunia, 843 orang luka-luka dan 28 orang hilang," kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 23 Desember 2018.

Dia merincikan untuk kerusakan material akibat tsunami ini mencakup 556 unit rumahk, 9 hotel rusak berat. Selain itu, 60 warung kuliner rusak, 350 kapal dan perahu rusak. Sementara, dipastikan tak ada korban jiwa dari warga negara asing dalam tsunami ini.

"Tidak ada korban warga negara asing. Semua warga Indonesia. Korban dan kerusakan ini meliputi di 4 kabupaten terdampak yaitu di Kabupaten Pandeglang, Serang, Lampung Selatan dan Tanggamus," jelas Sutopo.

Kemudian, Sutopo menegaskan jumlah korban meninggal atau luka-luka diperkirakan akan terus bertambah. Hal ini mengingat belum semua korban berhasil dievakuasi. "Belum semua Puskesmas melaporkan korban, dan belum semua lokasi dapat didata keseluruhan. Kondisi ini menyebabkan data akan berubah," tuturnya. (**H)


Sumber: VIVA





Berita Terkait

Tulis Komentar