PPP Desak China Jelaskan Kondisi Muslim Uighur

  • Kamis, 20 Desember 2018 - 22:27:59 WIB | Di Baca : 1107 Kali

SeRiau - Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PPP, Lena Maryana Mukti, mengaku perihatin atas pemberitaan tentang muslim Uighur yang mengalami tindakan represif dari pemerintah China. Ia berharap pemerintah RRT bisa berlaku adil kepada semua warganya.

"Kami meminta kepada Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) melalui dubesnya di Jakarta untuk memberikan penjelasan terkait kondisi di Xinjiang yang saat ini menjadi pemberitaan internasional," kata Lena dalam keterangan tertulis, Kamis (20/12/2018).

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, ada penyiksaan, pengucilan, dan pelarangan bagi Muslim Uighur untuk menjalankan agama mereka. Ini merupakan bentuk pelanggaran nyata atas Hak Asasi Manusia, dan hukum internasional.

Pengasingan itu disebut dilakukan di kamp pendidikan ulang (re-education camps). Umat muslim Uighur itu disebut dimasukkan ke kamp ini tanpa harus melalui proses pengadilan. Lena berharap pemerintah RRT bisa memberikan penjelasan terkait kamp ini. 

"Maka dari itu kami meminta klarifikasi mengenai pemberitaan adanya re-education camps terhadap etnis Uighur di Xinjiang," jelas Lena

Tidak hanya meminta penjelasan muslim di Xinjiang, Lena berharap pemerintah China bisa memberikan penjelasan yang lengkap terkait semua umat Islam di negara itu. Lena berharap semua umat, termasuk umat Islam di China bisa mendapatkan perlakuan yang sama.

"Meminta klarifikasi tentang kondisi umum umat Islam di RRT," pungkas Lena. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar