Kemenpora Minta Kaum Milenial Diberi Ruang Berpolitik

  • Ahad, 21 Oktober 2018 - 01:50:21 WIB | Di Baca : 1218 Kali

SeRiau - Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga, Asrorun Ni'am Sholeh menilai bahwa kaum milenial perlu diberi ruang untuk dapat berpartisipasi dalam kancah perpolitikan Indonesia.

Asrorun mengatakan, perlu adanya kesadaran yang dibangun dari kaum milenial agar tidak apatis di Pemilu 2019. Ia pun meminta agar semua pihak tak langsung memberikan tudingan bahwa kaum milenial itu apolitis.

"Artinya kita punya pekerjaan rumah untuk membangun kesadaran tidak hanya menuding kepada anak-anak muda milenial apolitis. Tetapi bagaimana memberikan ruang secara lebih luas," ujar Asrorun dalam diskusi Sindo Trijaya bertajuk 'Pemilih Milenial dan Masa Depan Bangsa' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (20/10/2018).

Ia mengajak, semua pihak untuk berupaya ikut mendongkrak partisipasi pemilih kaum milenial. Adapun pendekatan kreatif dinilai bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan partisipasi peserta pemilu.

"Bagaimana kita memberikan ruang apresiasi terhadap prestasi terhadap dedikasi dan juga kreatifitas. Mereka terlahir dengan dunianya dengan tantangannya yang tentu bisa jadi berbeda, kadang aktor-aktor politik yang sedang bermain menggunakan pendekatan kediaan bukan kemerekaan," jelasnya.

Asrorun mendorong partisipasi kaum milenial bisa berkaca pada Pilkada serentak 2018. Sebab, dalam kontestasi tersebut kaum milenial juga perlu diberikan kesadaran politik mereka utamanya oleh peserta pemilu 2019.

"Ciri khasnya yang instan kemudian serba cepat ini bisa dimanfaatkan secara oleh para petualang politik yang menggunakan kaum muda milenial sebagai ceruk pengambil suara penyebaran informasi untuk kepentingan merekrut suara," pungkasnya. (**H)


Sumber: Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar