Pemerintah Diminta Segera Distribusikan Bantuan ke Korban Gempa Palu

  • Jumat, 12 Oktober 2018 - 20:02:19 WIB | Di Baca : 1131 Kali

SeRiau - Anggota DPR RI Fraksi PDIP Diah Pitaloka meminta kepada pemerintah untuk mempercepat proses pendistribusian bantuan di kawasan terdampak gempa dan tsunami Sulawesi Tengah. Pasalnya masih banyak bantuan yang belum sampai kepada korban bencana alam.

Diah mengatakan, bantuan seharusnya segera didistribusikan kepada korban gempa dan tsunami. Dia mengingatkan, jangan sampai bantuan hanya menumpuk.

"Kemarin saya lihat masih banyak bantuan belum terdistribusi. Sehingga perlu dioptimalkan, dan peralatan berat seperti truk perlu ditambah. Ini harus jadi perhatian. Jangan sampai bantuan melimpah tapi korban tidak menerima," katanya, Jumat (12/10).

Dia mengungkapkan, masih butuh banyak relawan dari luar daerah untuk memperbaiki kawasan terdampak gempa dan tsunami. Sebab, korban masih menata diri usai kehilangan anggota keluarga dan harta benda.

"Perlu banyak relawan untuk kembali memulihkan Palu. Jangan sampai kesedihan ini terlalu berlarut. Sulawesi Tengah harus bangkit," tegasnya.

Selain itu, Diah mengharapkan, bencana alam Sulteng ini harus menjadi pembelajaran. Untuk itu fasilitas peringatan dini bencana harus dioperasikan.

Ke depan, dia mengimbau, pemerintah segera menyusun penguatan kapasitas. Seperti perlengkapan penanganan gempa yang masih sangat minim.

"Mungkin bisa dibuat perencanaan anggarannya juga dalam jangka panjang. Idealnya di tiap provinsi ada posko perlengkapan kebencanaan yang lengkap," tutup Diah. (**H)


Sumber: Merdeka.com





Berita Terkait

Tulis Komentar