PVMBG Beberkan Penyebab Wilayah Indonesia Rawan Gempa

  • Jumat, 12 Oktober 2018 - 06:40:18 WIB | Di Baca : 1130 Kali

 


SeRiau – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan hampir seluruh wilayah Indonesia sangat rentan dengan bahaya bencana gempa bumi. Hal itu sebagaimana dijelaskan Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi PVMBG Sri Hidayati.

Ia mengatakan bahwa wilayah Indonesia merupakan pertemuan tiga lempeng tektonik sehingga membuat kawasan Tanah Air sangat aktif dengan gempa bumi.

"Jadi posisi Indonesia ini itu ada di pertemuan lempengan (tektonik) Eurasia, Lempengan Pasifik, dan Lempenga Indo-Australia. Lempeng itu ketemu di wilayah Indonesia," kata Sri kepada Okezone, Jumat (12/10/2018).

Tidak hanya gempa bumi yang sering menguncang Indonesia, pertemuan lempangan tersebut juga menyebabkan seringnya terjadi erupsi dan tsunami.
"Jadi Indonesia bukan hanya rawan terhadap bencana gempa bumi, gunung erupsi, dan tsunami. Jadi, lempeng itu yang menyebabkan gempa," ungkapnya.

Sri membeberkan pertemuan lempengan tersebut dapat digambarkan dari barat Pulau Sumatera yang merupakan zona pertemuan lempengan Eurasia dan lempengan Indo-Australia. 

Selanjutnya ke wilayah Selatan Pulau Jawa, selatan Pulau Bali, selatan Pulau NTT itu pertemnuan Lempeng Pasifik.
"Yang paling rawan itu peta ada. Jadi, daerah pertemuan lempeng itu dari zona dari barat Sumatera itu zona pertemuan lempeng Eurasia dan Indo-Australia terus ke bawah selatan Jawa, selatan Bali, dan selatan NTT (Laut Jawa) itu kan zona pertemuan itu," paparnya.

Namun dari adanya pertemuan tiga lempengan itu, ada dampak positif juga, yakni tanah yang subur dan banyaknya cekungan migas. "Positifnya, tanahnya subur, kemudian banyak cekungan migas. Itu untungnya," ungkapnya.

 

 

 


Sumber Okezone 





Berita Terkait

Tulis Komentar