Jokowi Instruksikan Kapolri Tangkap Penyebar Hoaks Gempa Palu

  • Selasa, 02 Oktober 2018 - 16:35:59 WIB | Di Baca : 1082 Kali

 


SeRiau - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyatakan tak ragu menindak tegas penyebar kabar bohong (hoaks) terkait gempa serta tsunami di Palu dan Donggala. 

"Jangan sampai muncul hoaks, berita tidak benar yang meresahkan masyarakat, tidak enak, dan tidak elok," ujar Wiranto di Kantor Presiden, Selasa (2/10).

Hal tersebut disampaikan Wiranto usai mengikuti rapat terbatas menangani dampak gempa dan tsunami Palu-Donggala bersama Presiden Joko Widodo.

Dalam rapat terbatas, kata Wiranto, Presiden Joko Widodo menginstruksikan langsung Kapolri Jenderal Tito Karnavian beserta jajaran Polri tak ragu menangkap penyebar hoaks, terutama tentang bencana di Palu-Donggala.

"Presiden menginstruksikan Kapolri, siapa pun yang memanfaatkan keprihatinan ini untuk kepentingan meresahkan masyarakat segera kami tangkap," kata mantan Panglima ABRI ini. 

Sebelumnya, beredar banyak berita bohong terkait gempa dan tsunami di Palu. Salah satunya adalah beredar kembalinya foto-foto korban gempa dan tsunami di Aceh 14 tahun lalu yang disebut sebagai korban terbaru di Palu.

Berita bohong lainnya adalah gempa susulan sekitar 8 Skala Richter kembali mengguncang Palu, meninggalnya Wali Kota Palu Hidayat Lamakarate akibat gempa, serta retaknya Bendungan Bili-Bili di Kabupaten Gowa. 

Wiranto menegaskan perkembangan terbaru yang valid akan selalu disampaikan satu pintu melalui Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Kami tunjuk Humas BNPB memberikan penjelasan akurat ke masyarakat. Sedangkan yang lain disesuaikan dengan pokok informasi yang disusun badan resmi yang kami tunjuk," kata Wiranto. 

 

 

 


Sumber CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar