Jokowi Dinilai Banyak Membuat Program Pro Buruh Migran

  • Ahad, 09 September 2018 - 21:44:22 WIB | Di Baca : 1088 Kali

SeRiau - Jaringan Lingkar Buruh Migran Indonesia (Jangkar Bumi) mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Ketua Umum Jangkar Bumi, Ahmad Iman menyatakan dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf merupakan bentuk apresiasi kinerja Jokowi.

Apalagi mengenai perlindungan dan penempatan TKI di beberapa negara. "Selama periode 2014-2019 Pak Jokowi membuat banyak program yang memihak terhafap TKI. Seperti pengesahan UU Nomor 18 Tahun 2017," kata Ahmad di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (9/9).

Dia menjelaskan dalam UU tersebut terdapat jaminan sosial, program desa migran produktif, ketegasan diplomasi, optimalisasi fungsi BLK hingga KUR yang berbunga ringan. Sehingga Ahmad menilai hal tersebut dapat memihak buruh migran.

Tak hanya itu, dia juga menyatakan Jangkar Bumi sudah terbentuk di beberapa negara tetangga.

"Kami ada perwakilan di negara Hongkong, Taiwan, Singapura, Arab Saudi, Malaysia, Brunei. Sedangkan untuk di dalam negeri ada di beberapa wilayah seperti di NTB, Jawa Timur, Jawa Barat dan Banten," papar dia.

Karena hal itu, Ahmad mengaku untuk pemenang Jokowi-Ma'ruf akan dilakukan dengan pemberian edukasi melalui struktur yang telah terbentuk.

"Bahkan tidak menutup kemungkinan kami akan melebarkan sayap ke negara-negara yang masih belum kepengurusan ada Jangkar Bumi," jelasnya. (**H)


Sumber: Merdeka.com





Berita Terkait

Tulis Komentar