Deklarasi 2019 Ganti Presiden di Surabaya Berlangsung Ricuh

  • Ahad, 26 Agustus 2018 - 15:13:03 WIB | Di Baca : 1323 Kali

 

SeRiau - Deklarasi gerakan 2019 Ganti Presiden di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (26/8/2018) berlangsung ricuh.
Massa pendukung mendapat penolakan dari pihak yang kontra. Adu mulut dan dorong-dorongan sempat terjadi di tengah upaya polisi membubarkan acara tersebut.

Meski tanpa izin dari pihak kepolisian, acara deklarasi Gerakan 2019 Ganti Presiden di monumen Tugu Pahlawan Surabaya tetap dilaksanakan dengan pengamanan ketat pihak kepolisian.

Para peserta mengelilingi Monumen Tugu Pahlawan sembari meneriakkan yel yel #2019GantiPresiden. Melalui pengeras suara, polisi yang bertugas di lokasi meminta agar massa meninggalkan lokasi karena aspirasi sudah disampaikan.

"Tolong seluruh masa aksi untuk segera meninggalkan lokasi," kata polisi melalui mobil pengeras suara.

Namun permintaan itu tidak dihiraukan. Kericuhan terjadi ketika sejumlah massa yang kontra meneriaki dan mengusir peserta.

"Iki suroboyo, suroboyo yo beragama, (Ini surabaya, surabaya ya beragama)," bunyi salah satu teriakan.

Sedangkan massa #2019GantiPresiden juga menolak untuk membubarkan diri karena menganggap gerakan mereka tak menyalahi aturan terus meneriakkan takbir. Bentrokan kemudian berlanjut di pelataran Masjid Kemayoran Surabaya. Kali ini para peserta bentrok dengan anggota Banser Kota Surabaya.
 
Hilangkan Kepentingan Sesaat

Masing-masing massa yang awalnya berniat untuk menjalankan ibadah salat zuhur di masjid tiba-tiba bersitegang kembali dan sempat terjadi kontak fisik. Pengurus masjid melalui pengeras akhirnya meminta seluruh orang segera keluar dari masjid.

"Saya minta tolong kepada semuanya untuk keluar dari masjid, jangan kotori masjid, terutama pada banom NU Ansor dan Banser," serunya melalui pengeras suara masjid.

Dia juga mengharap agar seluruh yang bersitegang untuk menghilangkan kepentingan sesaat. 

"Ini hanya kepentingan sesaat, tolong semuanya untuk keluar," pinta pengurus masjid tersebut melalui pengeras suara.

Massa Banser yang terlanjur panas kemdian melakukan sweeping untuk memastikan seluruh peserta aksi#2019GantiPresiden tak menggunakan kaos itu di kota Surabaya. Sementara polisi tampak kewalahan untuk mengamankan kedua kubu.

 

 

 

 

 


Sumber Liputan6.com





Berita Terkait

Tulis Komentar