Inasgoc Jamin Asian Games 2018 Bebas dari Karhutla

  • Rabu, 15 Agustus 2018 - 23:13:41 WIB | Di Baca : 1158 Kali

SeRiau - Wasekjen Inasgoc Dendi T Daniyanto, mengaku, sudah membahas dengan beberapa kementerian terkait persiapan Asian Games 2018. Terlebih lagi kesiapan untuk mencegah adanya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada saat perhelatan olahraga empat tahunan sekali.

Hal itu disampaikan Dendi saat memberikan amanat pada Apel Kesiapan Satgaskes TNI dalam rangka Asian Games 2018 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (15/8).

"Kemarin kita rapat dengan Menkopolhukam, ada juga menteri kesehatan dengan semua Kapolda, Pangdam Riau, Jambi, Sumsel, Sulteng, NTT yang wilayah-wilayahnya terbakar," kata Dendi.

"Di situ disampaikan aksi apa yang sudah dilakukan. Khususnya Sumsel itu bisa dikatakan jauh menurun hotspot yang ada," tambahnya.

Dirinya pun mengungkapkan, pada Jumat (3/8) kemarin Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah melakukan persiapan untuk mencegah terjadinya karhutla selama Asian Games 2018.

Kesiapan Karhutla

"3 Agustus kemarin Panglima TNI dengan Kapolri dengan perwakilan dari BNPB, BPBD dan BMKG juga sudah gelar kesiapan karhutla di Sumsel termasuk perusahaan-perusahaan yang membantu peralatan juga sudah disiapkan. Dengan pembuatan modifikasi cuaca, telah terjadi hujan beberapa kali di Palembang bahkan kemarim hujan, dan clear," ungkapnya.

"Disampaikan kemarin oleh pak sekda, jadi untuk di Palembang ambang batas ispa-nya cukup bagus, di bawah 50 dan itu diapresiasi Menkes. Dan Panglima sampaikan Asian Games ini adalah harga diri bangsa, jadi kita harus benar-benar menjaga itu. Jadi karhutla selalu dilakukan TNI-Polri masyarakat membasmi itu," sambungnya.

Pastikan Aman

Dendi pun memastikan, selama Asian Games berlangsung tak akan terjadi Karhutla. "Insya Allah. Dan kita harus pastikan aman. Karena Panglima, Kapolri sampaikan aman," pungkasnya. (**H)


Sumber: Liputan6.com





Berita Terkait

Tulis Komentar