Kemenhub Bentuk Posko SAR Pesawat Hilang Kontak di Papua

  • Sabtu, 11 Agustus 2018 - 21:24:48 WIB | Di Baca : 1140 Kali

 

 

SeRiau - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membentuk posko bersama guna melakukan pencarian terhadap pesawat perintis yang hilang kontak di Oksibil, Papua.

Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Sindu Rahayu mengatakan Kantor Otoritas Bandara Wilayah X Merauke telah berkoordinasi dengan perwakilan KNKT di Sentani dan Kantor SAR untuk pembentukan posko bersama tersebut.

"Segera membentuk posko bersama untuk melakukan pencarian dan penyelamatan," kata Sindu dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Sabtu (11/8).

Sindu menyampaikan upaya pencarian pesawat perintis dengan kode penerbangan PK-HVQ tersebut juga telah dilakukan dengan cara cross check trafic ke Tower Tanah Merah, Dekai, Sentani dan Wamena sampai dengan pukul 15.35 WIT.

Namun, hingga pukul 15.46 WIT Distress phase (DETRESFA) progres tentang keberadaan pesawat belum mendapatkan titik terang.

Sindu juga menjelaskan kondisi cuaca saat pesawat hilang kontak tertutup awan dengan jarak pandang sekitar 1-2km.

Setelah komunikasi terakhir dengan awak pesawat, lanjut Sindu, Tower Oksibil langsung mengambil tindakan dengan menghubungi Unit ARO Sentani pada Pukul 15.10 WIT dan berita alert phase ALERFA langsung dikirimkan. 

Pesawat type PAC750XL milik operator PT. Marta Buana Abadi (Dimonim Air) terbang dari Bandar Udara Tanah Merah di Kabupaten Boven Digoel menuju Oksibil di Pegunungan Bintang. 

Pesawat yang membawa dua awak dan tujuh penumpang itu melakukan komunikasi pertama dengan Tower Oksibil pada pukul 14.11 WIT dan komunikasi terakhir terjadi pada pukul 14.17 WIT. Saat itu pesawat melaporkan posisi berada ketinggian 7000 feet.

 

 

 

Sumber  CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar