Ganjil-Genap Berlaku Hari Ini, Tol Cikampek Arah Jakarta Tetap Macet

  • Senin, 12 Maret 2018 - 07:48:59 WIB | Di Baca : 1315 Kali

SeRiau - Kebijakan ganjil-genap di Tol Cikampek-Jakarta resmi diterapkan hari ini, Senin (12/3) terhitung sejak pukul 06.00 WIB dan berlaku untuk kendaraan golongan I berplat ganjil. Kebijakan yang bertujuan untuk mengurai kemacetan ini belum terlihat efektif. 

Pantauan CNN Indonesia sekitar pukul 06.30 WIB, ruas tol Cikampek arah Jakarta tetap mengalami kemacetan. Diprediksi kemacetan ini bisa menunda waktu tempuh kendaraan menuju Jakarta hingga 40 menit.

Sementara itu di gerbang Tol Bekasi Barat, terpantau masih banyak kendaraan berplat ganjil yang mencoba memasuki tol. Namun polisi sudah mengantisipasi hal ini dengan membuat putaran sebelum pintu masuk tol. Kendaraan berplat ganjil yang mencoba memasuki tol diarahkan memutar oleh polisi.

Tidak ada penilangan terhadap kendaraan berplat ganjil yang mencoba masuk pintu tol Bekasi Barat. Polisi hanya menegur para pengemudi lantaran masih dalam proses sosialisasi hingga 25 Maret mendatang.

Kakorlantas Royke Lumowa membenarkan telah menambah personel kepolisian untuk mengantisipasi dampak pemberlakuan ganjil-genap di Tol Bekasi Barat dan Timur. 

Para petugas ditempatkan di sejumlah titik yang diprediksi akan mengalami penumpukan kendaraan akibat penerapan ganjil-genap, seperti di gerbang tol Bekasi Barat dan Timu serta sejumlah titik lainnya. 

Dia juga menyatakan pengendara berplat ganjil yang tidak diperbolehkan melintas tol Bekasi Barat dan Timur masih bisa memasuki pintu tol lain. Selain itu, ada opsi alternatif seperti menumpang angkutan umum atau bus premium yang disediakan pemerintah.

"Disiapkan lajur khusus bus, tiba di Jakarta bisa lebih cepat dari kendaraan kendaraan pribadi," kata Royke.

Para pengemudi mobil berplat ganjil bisa melintasi Jalan Raya Inspeksi Kalimalang untuk menghindari kebijakan ganjil-genap hari ini.

Royke mengakui penerapan ganjil-genap di tol Bekasi Barat dan Timur akan berimbas peningkatan volume kendaraan di Jalan Raya Kalimalang.

Sementara hingga pukul 06.50 WIB, tidak ada peningkatan volume kendaraan yang signifikan di Jalan Raya Kalimalang. Kondisinya masih ramai lancar meski cukup banyak kendaraan berplat ganjil yang melintasi ruas jalan itu.

Diduga kendaraan tersebut merupakan kendaraaan dari Bekasi menuju Jakarta yang ingin menghindari penerapan ganjil-genap.

Meski ramai lancar, para pengendara tetap harus mewaspadai peningkatan volume kendaraan di kawasan itu, terutama di perempatan menjelang Jalan DI Panjaitan. (*JJ)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar