Longsor Terowongan Bandara, Satu Korban Diselamatkan

  • Selasa, 06 Februari 2018 - 07:06:44 WIB | Di Baca : 1313 Kali


Jakarta, SeRiau - Setelah membutuhkan waktu lebih dari sembilan jam sejak tertimpa longsor, salah satu korban longsoran underpass jalan perimeter Bandara Soekarno Hatta, Tangerang Banten, Selasa, bisa diselamatkan oleh penyelamat gabungan. Korban berhasil dikeluarkan dari timbunan pukul 03:00, Selasa (6/2),  sejak proses evakuasi dilakukan Senin (5/2) petang pukul 18:00 WIB. 

Dilansir dari Antara, korban yang berhasil diselamatkan tersebut yakni Dyanti Dyah Ayu Cahyani Putri. Posisi wanita berusia 25 tahun ini berada dibelakang kemudi kendaraan Honda Brio yang dikemudikannya. Sementara, satu orang korban lainnya, Mutmainah (25) masih dalam proses evakuasi. 

Proses penyelamatan korban yang tertimpa insiden robohnya tembok terowongan jalan bandara Soetta ini membutuhkan waktu cukup panjang sejak kejadian, serta melibatkan banyak personel dan alat pendukung lainnya seperti alat berat. 

Sedikitnya ada 120 petugas gabungan mulai dari SAR, Polri,TNI, hingga tim kesehatan yang terlibat langsung sejak proses evakuasi.

Meski satu korban sudah sukses diselamatkan dan saat ini menjalani perawatan intensif di RSUD Tangerang, Banten, petugas masih berupaya menyelamatkan satu korban lagi yang namanya disebut adalah Mutmainah yang hingga saat ini masih berada dibawah beton longsoran.

Satu korban itu merupakan rekan dari Dyanti yang posisinya berada di samping kemudi Honda Brio atau dalam artian berada di posisi lebih dalam dibandingkan dengan korban yang sudah mampu diselamatkan.

Proses penyelamatan sendiri dipimpin Ketua Basarnas, Muhammad Syaugi. Untuk melakukan penyelamatan, Basarnas banyak menggunakan alat berat meski pada praktiknya banyak menggunakan keahlian personelnya. Hal tersebut terjadi karena longsoran cukup riskan jika penyelamatan menggunakan alat berat.

Selama proses penyelamatan, komunikasi antara korban dan petugas terus berjalan. Bahkan, korban telah mendapatkan pertolongan pertama dengan oksigen dan infus. (*JJ)



Sumber: CNNIndonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar