MENU TUTUP

Polda Riau Menangkan Sidang Praperadilan di PN Pekanbaru

Selasa, 10 Mei 2022 | 22:52:09 WIB | Di Baca : 2292 Kali
Polda Riau Menangkan Sidang Praperadilan di PN Pekanbaru

SeRiau - Polda Riau menangkan sidang pra peradilan yang digelar di Pengadilan Negeri Pekanbaru pada Selasa (10/5/2022). Persidangan ini sebelumnya diajukan oleh pemohon atas nama Jumadi terhadap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Riau (Termohon I), Kapolda Riau (Termohon II) Kabareskrim Polri (Termohon III) dan Kapolri (Termohon IV). 

Dalam persidangan yang dipimpin Hakim Salomo Ginting didampingi panitera pengganti Irene Maiyerti tersebut, masing-masing pihak hadir diwakili oleh kuasa hukum. Sementara materi sidang, yakni tentang penetapan tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana penipuan dan pemberian laporan palsu.

Pada sidang tersebut, hakim memutuskan menolak permohonan seluruhnya dari pemohon dengan sejumlah pertimbangan.  Di antaranya, gelar perkara yang dilakukan oleh termohon sudah sah menurut Perkap Nomor 6 Tahun 2009 terhadap penyidikan pidana. 

"Alat bukti yang digunakan sebagai alat bukti perdata, bukan kewenangan  hakim praperadilan untuk memutuskan namun menjadi kewenangan hakim pada pokok perkara," ujar Hakim saat membacakan putusan.

Pertimbangan hakim selanjutnya, alat bukti tersebut juga memiliki relevansi dengan dugaan tindak pidana yang disangkakan. Selain itu, penetapan tersangka yang dilakukan oleh termohon  sudah berdasarkan 2 (dua) alat bukti yang sah yang diperoleh dalam proses penyidikan.

Untuk diketahui, sidang praperadilan tersebut berlangsung hingga pukul 17.30 Wib. Proses persidangan berjalan aman dan lancar tanpa ada kendala. Rls


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

5

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman