MENU TUTUP

Yunani akan kirim migran 'gelombang kedua' ke Turki

Jumat, 08 April 2016 | 07:18:27 WIB | Di Baca : 953 Kali
Yunani akan kirim migran 'gelombang kedua' ke Turki

Pengiriman gelombang kedua migran dari Yunani ke Turki diperkirakan bakal berlangsung pada Jumat (08/04) sebagai bagian dari kesepakatan antara Uni Eropa dan Turki untuk mengurangi arus migran ke Eropa.

Gelombang pertama yang sebagian besar merupakan migran asal Pakistan tiba di Turki pada Senin (04/04), namun sejak itu proses pengiriman terhenti karena migran yang mengisi permohonan suaka di Yunani mendadak meningkat drastis. Pada Jumat (08/04), dua perahu berisi ratusan migran diperkirakan akan tiba di Turki dari Yunani. Melalui perjanjian antara Uni Eropa dan Turki, semua migran Suriah yang mencapai daratan Yunani harus dikirim ke Turki jika mereka tidak mengajukan permohonan suaka atau permohonan mereka ditolak. Lalu, untuk setiap migran Suriah yang dikirim ke Turki, satu migran Suriah yang telah berada di Turki akan ditempatkan di Uni Eropa. Bagi migran non-Suriah yang dikirim ke Turki, mereka akan dikirim ke pusat deportasi. Adapun migran Suriah akan dibawa ke kamp pengungsian untuk menggantikan pengungsi Suriah yang dikirim ke Uni Eropa.

Kesepakatan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan negaranya hanya akan menerapkan kesepakatan itu jika Uni Eropa memenuhi janjinya:
  • mempercepat dana bantuan sebesar 3 miliar euro (Rp44,2 triliun) ke Turki untuk menolong para migran,
  • menyegarkan kembali permintaan Turki untuk bergabung dengan Uni Eropa.
  • memberikan visa Schengen yang berlaku di semua negara anggota Uni Eropa mulai Juni mendatang kepada warga Turki
“Ada persyaratan spesifik. Jika Uni Eropa tidak mengambil langkah-langkah yang diperlukan, Turki tidak akan menerapkan kesepakatan,” kata Erdogan. Kesepakatan antara Uni Eropa dan Turki mendapat sorotan dari berbagai pihak, termasuk lembaga Amnesty International. Wakil Direktur Amnesty International untuk kawasan Eropa, Gauri van Gulik, mengatakan para migran yang ditahan di Pulau Lesbos dan Chios di Yunani tidak memiliki akses bantuan hukum dan tidak punya informasi mengenai statusnya. “Ketakutan dan keputusasaan jelas terlihat. Ini menunjukkan bahwa selain Turki tidak aman untuk para pengungsi saat ini, ada kecacatan serius di pihak Yunani dalam kesepakatan antara Uni Eropa dan Turki,” kata Van Gulik kepada kantor berita Reuters. Berdasarkan data Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), sebanyak satu juta migran dan pencari suaka memasuki wilayah Uni Eropa menggunakan perahu dari Turki ke Yunani sejak Januari 2015. Pada tahun ini saja, sebanyak 143.000 orang telah tiba di Eropa dan sekitar 460 orang di antara mereka meninggal dunia. http://www.bbc.com/indonesia/


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

BAN-PDM Provinsi Riau Gelar Rakorda Pertama, Sebanyak 2062 Satuan Pendidikan di Akreditasi Tahun Ini

2

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

3
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

4

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

5

ARA Perkuat Eksistensi Pendidikan di Provinsi Riau