Sempena HUT Pekanbaru BRK Syariah Gelar Seminar Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban Bersyariah

  • Jumat, 14 Juni 2024 - 15:42:04 WIB | Di Baca : 157 Kali

 

SeRiau - Pekanbaru – Sebanyak 150 orang dari perwakilan 75 masjid dan musala di Kota Pekanbaru mengikuti seminar tata cara penyembelihan hewan kurban bersyariah di Menara Dang Merdu BRK Syariah. Kegiatan bersempena dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekanbaru ini digagas oleh PT Bank Riau Kepri Syariah bersama Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk sinergitas dan kerjasama antar pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal ini Dinas pertanian dan perikanan di kota Pekanbaru dengan BRK Syariah untuk menerapkan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban yang memperhatikan aspek kesejahteraan hewan atau kesrawan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet),” kata Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru, Firdaus dalam laporan kegiatannya, Kamis (13/6/2024).

Disebutkannya, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi mengenai tata cara pelaksanaan penyelenggaraan hewan kurban sesuai dengan aspek kesehatan hewan dan aspek kesehatan masyarakat. Selanjutnya mempersiapkan panitia atau petugas kurban di masjid/musala atau tempat pemtongan hewan kurban yang terampil dan kompeten melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada saat hari Raya Idul Adha.

”Selanjutnya untuk menghasilkan daging kurban yang aman sehat utuh dan halal. Aman daging tidak terkontaminasi dengan bahan kimia, sehat berasal dari sapi yang tidak terjangkit penyakit zorotis, kemudian daging yang benar-benar utuh dari sapi tidak tercampur dengan daging yang lainnya dan halal. Nah inilah mungkin yang kita terapkan hari ini karena memang bidang peternakan di Dinas Pertanian dan Perikanan ada bidang peternakan yang tugas dan fungsinya memproduksi ternak sampai menghasilkan daging yang aman sehat itu dan halal untuk masyarakat kota Pekanbaru,” ujarnya lagi.

Dia juga menyebutkan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru siap membantu masjid dan musala dalam proses penyembelihan kurban ini. Sebab sudah ada 4 komunitas penyembelihan kurban yang kompeten di Kota Pekanbaru. Mereka sudah melakukan penyembelihan hewan kurban sesuai aspek. Animo masyarakat mengikuti pelatihan ini sangat tinggi.

“Kami sampaikan juga tahun 2024 ini terjadi kenaikan 2,8 persen dari tahun lalu untuk permintaan hewan kurban. Tahun lalu hanya 8.734 ekor hewan kurban namun di tahun 2024 mencapai 9.000 ekor dengan rincian 8.000 ekor sapi dan sisanya kerbau, kambing dan domba. Gerakan sembelih bersyariah, ada 4 komunitas tang besar terkait komunitas penyembelihan hewan kurban ini, Juleha (juru sebelih halal), GSB (Gerakan Sembelih Halal), Viki Kurban dan Dawa Sebelih Halal. Kegiatan ini akan kita tutup dengan praktik penyembelihan hewan kurban kambing,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Kota Pekanbaru, Santo yang dalam kesempatan itu menyebutkan melihat tingginya permintaan hewan kurban saat ini, ia mengajak Dinas Pertanian dan Perikanan serta Bank Riau Kepri Syariah untuk memberdayakan kelompok masyarakat dalam menggerakan ekonomi masyarakat.

“Terima kasih bapak Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko BRK Syariah, Fajar Restu Febriansyah, dalam kesempatan ini dapat kami sampaikan juga pesan dari bapak Pj Walikota Pekanbaru bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan HUT Kota Pekanbaru. Dengan potensi yang ada, besar harapan kami kedepannya kebutuhan hewan kurban,” tuturnya.(rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar