Cari Aman Saat Naik Motor, Lakukan 5P

  • Kamis, 30 Mei 2024 - 15:50:19 WIB | Di Baca : 342 Kali

 

SeRiau - Kampar - Kini sepeda motor merupakan transportasi nomor satu yang diminati masyarakat Indonesia sebagai alat transportasi yang praktis dan efisien untuk digunakan dalam sehari hari.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2022, jumlah sepeda motor di Indonesia adalah yang paling banyak dibandingkan mobil barang, bis dan mobil penumpang yakni sebanyak 125.305.332. Sejalan dengan jumlah pengguna sepeda motor yang meningkat,  membuat angka kecelakaan yang menimpa sepeda motor di jalan raya masih mendominasi dibandingkan alat transportasi lainnya.

Ada 4 faktor yang menyebabkan kecelakaan berpotensi dialami oleh pengendara, antara lain faktor manusia, faktor kendaraan, faktor cuaca dan faktor jalan. Dari ke empat faktor tersebut kecelakaan dijalan raya paling banyak disebabkan oleh faktor manusia. Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan PT. Astra Honda Motor (AHM) pada tahun 2023, ada 5 prilaku pengendara yang berpotensi menyebabkan kecelakaan di Indonesia. Perilaku tersebut antara lain ceroboh terhadap lalu lintas di depan, gagal menjaga jarak aman, ceroboh saat berbelok, melampaui batas kecepatan dan ceroboh saat mendahului.

Apakah kecelakaan bisa dicegah? Beberapa pengendara berpendapat kecelakan adalah takdir yang tidak bisa dihindari, kecelakaan adalah hasil dari perbuatan pengendara lain, bahkan kecelakaan adalah bagian dari jalan hidup yang harus dilalui sehingga tidak bisa dicegah. Padahal jika kita sama sama merenungkan sebenarnya kecelakaan bisa di cegah jika kita sebagai seorang pengendara selalu mengutamakan keselamatan di jalan raya.

Berikut tips 5P #Cari_Aman saat naik motor sebagai upaya yang dapat pengendara motor lakukan sebagai upaya mencegah kecelakaan :
1.    Pakai helm dan jaket saat berkendara
2.    Perhatikan Kanan dan kiri saat di persimpangan
3.    Pertahankan jarak aman dengan kendaraan di depan
4.    Periksa situasi depan dan belakang saat menyalip kendaraan
5.    Patuhi Rambu lalu lintas

Arif Rahman Hakim selaku instruktur safety riding PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) mengatakan dengan menerapkan 5P #Cari_aman saat berkendara, resiko kecelakaan dijalan raya dapat dicegah dan diminimalisir. Selain itu untuk meningkatkan kemampuan berkendara dan prediksi bahaya, bisa mengikuti training keselamatan berkendara yang diadakan Honda atau melalui latihan menggunakan Honda riding Training yang ada di dealer Honda. "Mari budayakan #Cari_aman dalam berkendara untuk mengurangi angka kecelakaan dijalan", tutupnya.(rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar