GM PLN Jabar Lakukan Inspeksi, Pastikan SPKLU Siap Layani Pemudik

  • Rabu, 10 April 2024 - 07:14:43 WIB | Di Baca : 237 Kali

 

SeRiau - Bandung,  - PT PLN (Persero) menyiagakan 1.304 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tersebar di 879 lokasi di seluruh Indonesia dalam masa libur Idul Fitri 1445 Hijriah. SPKLU tersebut disiagakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna kendaraan listrik yang melakukan perjalanan mudik.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo memastikan pihaknya telah menyiapkan SPKLU di setiap _rest area_ untuk memenuhi kebutuhan pengisian daya kendaraan listrik bagi para pemudik.

“Pada mudik tahun sebelumnya, SPKLU masih terbatas, hanya terdapat pada _rest area_ tertentu saja. Sekarang, setiap _rest area_ di jalur mudik ada SPKLU yang siap melayani kebutuhan pemudik. Kami ingin pemudik yang menggunakan kendaraan listrik bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman," kata Darmawan.

Khusus di Jawa Barat, sebanyak 205 unit SPKLU tersebar di 141 lokasi siap mendukung perjalanan mudik pengguna kendaraan listrik.

Untuk memastikan kesiapan SPKLU di wilayahnya, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jabar Susiana Mutia melakukan inspeksi langsung ke SPKLU yang berada di jalur mudik pada Sabtu (6/4).

“Kami telah melakukan pengecekan dan memastikan SPKLU siap beroperasi melayani pemudik yang menggunakan kendaraan listrik," ucap Susiana.

Susiana menyampaikan bahwa beberapa hari sebelum masa mudik, pihaknya telah menambahkan 55 unit SPKLU, sehingga jumlahnya kini menjadi 205 unit SPKLU.

"Kami sudah melakukan percepatan pembangunan SPKLU untuk seluruh _rest area_ di Tol sepanjang wilayah Jawa Barat. Harapannya para pengguna kendaraan listrik tidak perlu merasa khawatir lagi pada saat mudik,” ungkap Susiana.

Susiana merinci, PLN Jabar menyiapkan 79 SPKLU yang berada di 32 titik lokasi sepanjang jalur mudik, yakni 72 unit SPKLU di 26 titik _Rest Area_ jalan tol di wilayah Jawa Barat serta 7 unit SPKLU di 6 titik lokasi jalur utama mudik non tol di wilayah Jawa Barat.

“Pengguna kendaraan listrik semakin meningkat, sehingga harapannya dengan ketersediaan 79 unit SPKLU di Rest Area ini dapat memudahkan pengguna," jelas Susiana.

Khusus momen mudik ini, PLN juga menyiagakan petugas yang berjaga 24 jam untuk membantu para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik saat melakukan pengisian daya di SPKLU.

PLN juga terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Salah satunya diwujudkan dengan penambahan fitur pada Aplikasi PLN Mobile, sehingga masyarakat pengguna kendaraan listrik semakin nyaman dalam melakukan perjalanan jarak jauh.

“Bagi masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan listrik sekarang semakin nyaman. PLN sudah menyiapkan manajemen perjalanan mobil listrik dengan fitur _Trip Planner_ di aplikasi PLN Mobile,” kata Susiana.

Lewat menu _Trip Planner_, pemudik bisa mengatur titik berangkat dan titik tujuan. Secara otomatis, PLN Mobile akan memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute tersebut.

Apabila masyarakat membutuhkan layanan pengisian daya darurat ataupun bantuan lain terkait SPKLU, bisa dengan menekan tombol _pop up hotline_ SPKLU yang langsung terhubung pada nomor whatsapp _customer service_ pada aplikasi PLN Mobile versi terbaru.(rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar