Di IIMS 2024 PLN tampilkan EVDS, Platform Digital Yang Integrasikan Layanan Kendaraan Listrik di Indonesia

  • Ahad, 18 Februari 2024 - 17:18:55 WIB | Di Baca : 141 Kali

 

 

SeRiau - Jakarta,  PT PLN (Persero) terus berinovasi dalam mendukung pengembangan kendaraan listrik (EV) di tanah air melalui layanan Electric Vehicle Digital Services (EVDS) di super apps PLN Mobile. EVDS sebagai platform digital untuk mengintegrasikan layanan kendaraan listrik ini juga turut ditampilkan PLN dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN Mobile tidak hanya sekadar sebuah aplikasi, tetapi juga merupakan tonggak sejarah dalam transformasi digitalisasi di Indonesia. Karenanya, PLN Mobile hadir sebagai pionir yang mengintegrasikan layanan kendaraan listrik secara _end-to-end_ di Tanah Air.

"Dengan visi untuk mendukung mobilitas ramah lingkungan, PLN Mobile hadir sebagai solusi yang holistik dengan menggabungkan teknologi canggih dan keberlanjutan dalam satu _platform._ Melalui layanan EVDS, kami memprioritaskan pelayanan kebutuhan pengguna EV agar semakin banyak masyarakat beralih ke kendaraan listrik," ujar Darmawan.

Darmawan merinci, inovasi PLN Mobile tidak hanya mempermudah dalam transaksi soal pembelian token listrik. Lebih dari itu, melalui layanan EVDS di PLN Mobile, PLN hadir untuk membantu pelanggan dalam memenuhi segala kebutuhan kendaraan listrik.

"Seiring dengan keputusan pemerintah yang memberikan insentif untuk pembelian kendaraan listrik, PLN merancang langkah inisiatif untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. PLN mengintegrasi semua sistem layanan pelanggan, baik bagi pengguna maupun calon pengguna kendaraan listrik melalui PLN Mobile," ungkapnya.

Darmawan menekankan bahwa langkah ini adalah bagian dari upaya peningkatan layanan digital melalui PLN Mobile, di mana EVDS berperan sebagai solusi terpadu bagi masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan listrik.

“Masyarakat akan lebih mudah mendapatkan layanan kelistrikan, terutama untuk kendaraan listrik. Baik itu penambahan daya, pemasangan baru, bahkan pembelian kendaraan listrik dapat dilakukan melalui EVDS yang terintegrasi dengan PLN Mobile,” tambah Darmawan.

Melalui fitur EV di aplikasi PLN Mobile, masyarakat kini lebih mudah menemukan lokasi Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), hingga Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) terdekat. Dengan menggunakan _platform_ ini, masyarakat juga dapat memantau biaya pengisian daya motor listrik.

“Untuk pembelian kendaraan listrik, PLN telah melakukan kerja sama dengan beberapa produsen kendaraan motor maupun mobil listrik ternama, sehingga melalui PLN Mobile juga dapat melakukan pengecekan informasi secara lengkap mengenai produk dan spesifikasinya,” tambah Darmawan.

Masyarakat juga dapat mengakses kebutuhan suku cadang kendaraan listrik langsung dari mitra PLN. EVDS juga berfungsi sebagai _agregator_ untuk penyedia layanan perawatan dan penggantian suku cadang kendaraan listrik.

“Masyarakat tidak perlu ragu lagi untuk beralih ke kendaraan listrik. Melalui EVDS seluruh sistem dan _stakeholders_ layanan EV terintegrasi dengan baik. Kolaborasi ini menjadi wujud nyata dari komitmen PLN dalam mendukung program pemerintah untuk mempercepat transisi energi untuk bersama-sama kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih untuk kehidupan di masa depan yang lebih baik,” tutup Darmawan.(rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar