Juara Satu PMO Indonesia Award 2023, PLN Wakili Indonesia di Kancah Internasional

  • Kamis, 04 Januari 2024 - 14:37:25 WIB | Di Baca : 222 Kali

 

SeRiau - Jakarta,  - PT PLN (Persero) berhasil meraih peringkat pertama dalam ajang Project Management Office (PMO) Indonesia Award 2023. Penghargaan ini diraih PLN karena dinilai sukses menjalankan transformasi perusahaan. Setelah ajang tingkat nasional ini, PLN akan mewakili Indonesia dalam ajang PMO Global Award 2024 dan bersaing dengan negara-negara lain dari seluruh dunia.

Lead Organizer PMO Professional Indonesia (PMOPI) Fauzi Yusuf mengapresiasi keberhasilan transformasi PLN sehingga meraih penghargaan PMO Indonesia Award 2023. Selaku perwakilan PMOPI, Fauzi berharap keikutsertaan PLN dalam ajang PMO Global 2024 dapat mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

“PLN dipilih mewakili Indonesia di PMO Global Award di tahun depan (2024). Besar harapan kami, karena ini membawa nama Indonesia, PLN bisa memberi warna baru di kancah dunia,” kata Fauzi di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Rabu (27/12).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, penghargaan tersebut membuktikan komitmen dan keberhasilan PLN dalam mengimplementasikan PMO di perseroan. Keberhasilan ini selaras dengan arah transformasi bisnis PLN secara holistik dengan didukung digitalisasi.

”Tentunya kami bersyukur sekaligus bangga, karena progam transformasi yang PLN rancang dan implementasikan, khususnya dalam hal ini PMO, benar-benar memperoleh apresiasi yang luar biasa baik,” ujar Darmawan.

Direktur Manajemen Proyek dan EBT PLN Wiluyo Kusdwiharto menjelaskan, implementasi PMO terus dilakukan PLN sejak tahun 2022 dengan integrasi digital. Hal ini pun berhasil memfasilitasi pemantauan proyek yang komprehensif dengan penekanan kuat pada integrasi dan kemudahan akses data bagi para pemangku kepentingan.

”Jadi kunci keberhasilan pengelolaan proyek infrastruktur ketenagalistrikan PLN adalah bahwa kita membentuk supervisi dalam mengimplementasikan PMO secara efektif dari hulu hingga hilir. Kami juga menggunakan _digital tools_ yang membantu kami memonitor kegiatan investasi supaya sesuai target,” ujar Wiluyo.

Lebih lanjut Wiluyo mengatakan, hal ini juga bersamaan dengan langkah konsisten PLN selama tiga tahun terakhir melakukan transformasi berbasis digital secara _end to end_.

Wiluyo mengatakan, keikutsertaan perseroan dalam ajang ini dapat memberikan motivasi yang besar bagi PLN dalam meningkatkan peranan PMO serta memastikan strategi implementasi PMO perusahaan berjalan sesuai standar.

“PLN telah mendapatkan peringkat 1 untuk PMO Indonesia Award, dan kita akan menjadi wakil Indonesia dalam ajang PMO Global Award di tahun 2024. Kami berharap, masyarakat serta seluruh insan PLN memberikan dukungan penuh agar PLN bisa menjadi 2024 World PMO of The Year. Kami yakin ajang ini tidak hanya membawa nama baik PLN saja tetapi juga Bangsa Indonesia,” tutup Wiluyo.

PMO Indonesia Award merupakan kompetisi Nasional yang diselenggarakan oleh PMOPI yang berkolaborasi dengan  PMO Global Alliance. Pelaksanaan PMO Indonesia Award ini dilaksanakan untuk mendapatkan pemenang implementasi PMO terbaik skala nasional untuk kemudian menjadi wakil pada PMO Global Award  yang diikuti oleh perwakilan-perwakilan negara di Dunia.(rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar