Menilik Prestasi yang Berhasil Diraih Oleh Pemkab Rokan Hilir tahun 2023

 

SeRiau - Prestasi dan Penghargaan menjadi salah satu impian dari setiap usaha yang dilakukan. Untuk mencapai hal tersebut perlu kesungguhan dan ketelatenan agar apa yang menjadi tujuan dapat tercapai.

Menilik sejumlah prestasi dan penghargaan yang berhasil diraih oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir sepanjang tahun 2023. Salah satunya memperoleh piala atau trophi dan piagam penghargaan sebagai kabupaten layak anak (KLA) 2023 dari kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Republik Indonesia.

"Alhamdulillah Kita mendapatkan tingkat pratama untuk KLA (kabupaten layak anak)," ujar  Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Rohil, Wiwik Sagita, S.Pi,Msi".

KLA adalah kabupaten yang memenuhi hak hak anak baik itu pengintegrasian dan sumber pemberdayaan masyarakat serta dunia usaha secara menyeluruh dan berkelanjutan yang maksudnya program ini adalah untuk kegiatan menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan anak.

"Jadi untuk tahun mendatang kami akan mengusahakan dari tingkat pratama bertambah setingkat lagi ke tingkat madya,"tambahnya.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) juga memperoleh penghargaan Riau Investment Award (RIA) 2022, dari Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Riau.

Penyerahan penghargaan Riau Investment Award tersebut berlangsung di Hotel Premier, Kota Pekanbaru.

Kabupaten Rohil memperoleh Riau Investment Award 2022 pada Kategori Lima Terbaik Kelembagaan Progres Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) & Klinik LKPM Kabupaten/ Kota di Provinsi Riau, bersama Kabupaten Siak, Bengkalis, Kampar, dan Rokan Hulu (Rohul).  

Piagam Riau Investment Award tersebut diserahkan Asisten I Setdaprov Riau H Masrul Kasmy, mewakili Gubernur Riau (Gubri) dan diterima Asisten III Bidang Perekonomian Setdakab Rohil H Ali Asfar, mewakili Bupati Rohil Afrizal Sintong.

Turut serta menerima Piagam Riau Investment Award 2023, antara lain Kepala Dinas (Kadis) PMPTSP Pemkab Rohil Cici Sulastri, dan Kadis Perindagsar Pemkab Rohil Mursal SH.

Gubernur Riau melalui Asisten I Provinsi Riau H Masrul Kasmi, pada sambutannya mengharapkan agar Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota berusaha mencari peluang untuk menarik investor ke daerahnya masing-masing.

"Serta mempermudah persyaratan perizinan dan peluang usaha. Kemudian saya juga berharap kepara Pengusaha besar agar mau dan bisa membina UMKM supaya bisa mandiri dan maju usahanya," jelas Masrul.

Sementara itu Bupati Rohil melalui Asisten tiga Setdakab Rohil Ali Asfar mengungkapkan rasa syukur karena Rohil masuk lima terbaik dalam capaian penghargaan Riau Investment Award tahun 2023.

"Kita akan pertahankan prestasi ini bahkan lebih kita tingkatkan, kalau perlu kita nomor satu dari daerah lain," kata Ali Asfar.

Dirinya juga meminta dukungan kepada seluruh masyarakat agar sama sama membangun Rohil dengan cara mencari investor yang ingin berinvestasi di Rohil.

"Mari kita ajak investor agar mau berinvestasi di Rohil, selain memajukan daerah kehadiran investor juga bisa membangkitkan gairah ekonomi masyarakat kita," harapnya.

(Asisten III Ali Asfar Bersama Kepala Dinas PMPTSP, KadisPerindagSar, Kadis Koperasi Saat Menerima Penghargaan Riau Investment Award)

Prestasi lainnya, Pemkab Rokan Hilir juga mendapat penghargaan dari Komisi Informasi Publik KIP Riau. Yang mana Rokan Termasuk sebagai   Wilayah yang sangat Informatif SE kabupaten kota di Riau.

Penghargaan itu diterima oleh Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong yang diwakili Asisten III Ali Asfar saat menghadiri malam puncak anugerah Keterbukaan Informasi Publik KI Riau Award 2023 di Gedung Daerah Balai Serindit.

Penyerahan piagam Komisi Informasi Riau Award merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh Komisi Informasi Provinsi Riau yang bertujuan untuk mengukur kepatuhan Badan Publik yang telah mengimplementasikan undang-undang Keterbukaan Informasi Publik.

Adapun kategori piagam penghargaan KI Award 2023 yang diperoleh Pemkab Rokan Hilir adalah kategori Peringkat Informatif se Pemerintah Kabupaten/Kota. Untuk tahun ini, kategori KI Award diantaranya Kategori desa, SMA Sederajat, Penerima Hibah Provinsi Kabupaten Kota, Perguruan Tinggi, Partai Politik, BUMD, KPU, Bawaslu, Organisasi Perangkat Daerah, Instansi Pertikal dan Kategori Kabupaten/Kota.

Gubernur Riau, Edy Nasution saat membuka acara penghargaan KI Award 2023 menyampaikan, Komisi Informasi Riau telah melakukan monitoring dan evaluasi kepada seluruh badan publik di Provinsi Riau melalui uji kelayakan dan kepatuhan Badan Publik secara transparan dan terbuka.

Selain melakukan tugas pokok dalam penyelesaian sengketa Informasi Publik, kata Gubri, KI Riau juga melakukan pengawasan terhadap Badan publik monitoring dan evaluasi terkait keterbukaan Informasi Publik pada badan publik di Provinsi Riau.

Oleh karena itu, penyelenggaraan penyerahan piagam KI Riau awards ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dari Komisi informasi Riau dalam menjalankan kewajiban dan mendorong badan publik memberikan akses Informasi Publik bagi masyarakat secara transparan dan terbuka.

"Tentunya sesuai dengan undang-undang keterbukaan Informasi Publik dalam menuju budaya kerja aparatur yang transparan," imbuhnya.

Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong melalui Asisten III Setdakab Rohil H. Dr. Ali Asfar mengucapkan terimakasih kepada pemerintah provinsi Riau khususnya KI Riau yang telah memberikan penghargaan kepada Pemkab Rohil.

" Penghargaan ini sebagai dorongan kami untuk lebih meningkatkan pelayanan informasi publik yang transparan dan terbuka sebagaimana yang digambarkan dalam Undang- undang KIP, "sebut Ali Asfar.

Ditambahkan Ali, disana yang serba terbuka ini Pemkab Rohil mencoba untuk membuka diri terkait program maupun pelayanan yang diciptakan oleh pemerintah daerah yang diperuntukkan kepada masyarakat secara terbuka.

"Di media massa hingga media sosial resmi pemerintah daerah senantiasa kita sampaikan program pemerintah daerah, hal itu bertujuan agar apa yang dilakukan oleh pemerintah dapat diketahui seluruh masyarakat Rohil, "katanya.

( Asisten III Ali Asfar Saat Menerima Penghargaan KI Riau Award )

Tak sampai disitu, Pemkab Rokan Hilir kembali meraih Penghargaan Sebagai Pemerintah Terbaik 1 dalam Program Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral.

Penghargaan itu diterima oleh Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong yang diwakili Asisten II, Drs H Ferry H Parya saat menghadiri kegiatan Focus group discussion Standard Pelayanan Publik pada Pelayanan Statistik Terpadu BPS Provinsi Riau dikantor Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Pekanbaru.

Pada kesempatan itu, Rokan Hilir menerima penghargaan dari BPS Provinsi Riau  sebagai Pemerintah terbaik 1 dalam Program Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral 2023 di Provinsi Riau dengan nilai 2.20 (cukup). Sedangkan Pemerintah terbaik 2 adalah Kabupaten Kampar dan terbaik 3 Kabupaten Kuansing.

Kepala BPS Provinsi Riau Asep Riyadi mengatakan gerakan Reformasi Birokrasi terus melaju, pelayanan publik yang sedang menjadi sorotan berbagai pihak pun terus dibenahi di berbagai sisi. Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai penyedia data, selalu berupaya maksimal meningkatkan pelayanannya dalam memenuhi kebutuhan konsumen.

Selama periode 2023, BPS Riau telah melakukan beberapa upaya dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Terobosan yang telah dilakukan di antaranya melalui Buku Tamu Elektronik (BUTEB) dan Asam Pedas, aplikasi Senyum Kepuasan, aplikasi Go Dinas dan Spektral serta perwajahan ulang PST dari layanan statistik terpadu BPS Riau.

Salah satu indikator untuk mengukur tingkat kepuasan layanan publik yang telah diselenggarakan melalui Indeks Kepuasan Konsumen (IKK). Selama kurun waktu 3 tahun, Asep Riyadi menyampaikan bahwa BPS Riau telah berhasil meningkatkan kepercayaan publik dalam penyediaan layanan.

Sementara itu Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong melalui Asisten II, Drs H Ferry H Parya mengucapkan terimakasih kepada BPS Riau yang telah memberikan penghargaan kepada Pemkab Rohil, tentunya penghargaan ini akan dijadikan sebagai acuan dan dorongan pemerintah dalam melaksanakan penyelenggaraan statistik sektoral.

Kedepan tambah Ferry diharapkan tercipta sinergi antara pemerintah daerah, BPS untuk mengembangkan metode dan strategi yang lebih baik dalam menghasilkan data statistik sektoral yang berkualitas.

"Tentunya kita akan terus bersinergi bersama BPS pdalam hal mengembangkan metode dan strategi dalam menghasilkan data statistik sektoral yang berkualitas,"harapnya.

( Asisten I Ferry H Parya Saat Menerima Penghargaan dari BPS Riau )

Semua prestasi dan penghargaan yang dicapai oleh pemerintah kabupaten Rokan hilir tidak terlepas dari peran serta seluruh instansi maupun dukungan masyarakat.

Tentunya prestasi dan penghargaan ini dapat dipertahankan bahkan ditingkat demi memajukan dan mesejahterakan masyarakat kabupaten Rokan hilir. (Adv/Pemkab/fds)



Berita Terkait

Tulis Komentar