RTH Cut Nyak Dien Dijadikan Tempat Berjualan, Doni Kaka: Ini Melanggar Aturan, Kembalikan Fungsi Sesuai Perda!

  • Ahad, 25 Juni 2023 - 15:22:32 WIB | Di Baca : 978 Kali

 

 

Seriau  - Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berada di Jalan Cut Nyak Dien dijadikan Pedagang Kaki Lima (PKL) sebagai tempat berjualan akhir-akhir ini. Hal ini dikatakan langsung oleh tokoh masyarakat Sukajadi, Doni Kaka
bahwa sesuai Peraturan Daerah (Perda) Pekanbaru Nomor 13 tahun 2021 tentang Ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, pedagang tidak diperbolehkan berjualan di wilayah RTH.

"Itu sudah tidak benar dan sudah melanggar Perda Kota Pekanbaru. Semestinya tempat itu tidak dijadikan tempat berdagang, karena di massa Walikota Pekanbaru, Firdaus ST pedagang sudah direlokasi. Ada Perdanya dan pedagang bisa menggelar dagangan di belakang kantor Satpol PP Kota Pekanbaru, ujarnya, Jumat (23/6/2023).

Doni juga mempertanyakan kinerja dan menyesali pengelola PKL Kecamatan Sukajadi dalam hal ini Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Sukajadi yang diberi SK sebagai pengelola PKL.

"Jangan hanya mengejar keuntungan saja tapi RTH dialihfungsikan untuk tempat PKL tanpa memikirkan kepentingan umum. Ini sudah melanggar aturan," tegasnya.

Diungkapkan Doni, semestinya fungsi RTH bukan tempat berjualan. Diminta Pemerintah dalam hal ini Camat Sukajadi untuk mengevaluasi kembali para pemegang SK/mandat. Kemudian RTH dikembalikan lagi fungsinya.

"Saya juga meminta Satpol PP selaku penegak Perda agar segera bertindak dalam hal penertiban. Kita melihat jelas Perda yang sudah ada dilanggar dan harus ditertibkan," pungkasnya.

Berdasarkan pantauan dilapangan, kondisi Ruang Terbuka Hujau (RTH) tampak kurang pencahayaan hingga tempat tersebut diminati pasangan muda mudi untuk berpacaran. Sementara tempat pedagang yang semestinya berjualan kondisinya terang, kurang diminati pengunjung. Apalagi pedagang sudah banyak yang pindah untuk berjualan ke sekitaran RTH sehingga tempat yang ditentukan tidak berfungsi dengan baik.

" RTH ini gelap dan dijadikan tempat pacaran untuk pasangan yang datang ke RTH ini," kata salah seorang pengunjung Dewi. (***)





Berita Terkait

Tulis Komentar